Ucap Syukur Napi Lapas Tuban Bisa Ikuti Upacara Hardiknas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah dua tahun dilanda Pandemi, warga Indonesia termasuk di Kabupaten Tuban tidak dapat menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Hal berbeda tahun ini, upacara Hardiknas 2022 dapat digelar termasuk di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Jumat (13/05/22). 

Dalam Upacara tersebut Siswarno selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban mengenakan pakaian adat sesuai edaran Sekjen Nomor : SEK-UM.04.01-132 tanggal 12 Mei 2022 tentang Pedoman Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dilingkungan Kemenkumham.

Seluruh petugas dan WBP Lapas Tuban sangat antusias dan khidmat dalam melaksanakan upacara tersebut. Salah satu WBP MA (23) sekaligus Anggota Pramuka Lapas Tuban mengatakan bahwa dirinya merasa bersyukur bisa mengikuti upacara tersebut.

“Sudah dua tahun saya tidak pernah mengikuti upacara karena pandemi, sekarang sudah mulai bisa mengikuri upacara lagi apalagi sekarang memperingati hari pendidikan nasional,” cetusnya usai upacara. 

Baca berita sebelumnya : 208 Napi Lapas Tuban Terima Remisi Khusus Lebaran 2022, Terbanyak Kasus Narkotika

Sementara itu, dalam amanat upacara Siswarno membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia bahwa selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama tapi kita semua dapat mengtasinya dengan baik. 

"Saudara saudariku sebangsa dan setanah air, selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahkan kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya. hari ini saudara saudariku adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati  tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan“, dalam kutipan amanatnya. [Ali]