Ekonomi Pedagang di Pantai Pasir Putih Tuban Bangkit Usai Pandemi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Membludaknya pengunjung di wisata Pantai Pasir Putih di liburan lebaran 2022 ini, rupanya juga membawa berkah tersendiri bagi para pedagang yang ada di kawasan setempat. Tidak hanya penjual makanan dan minuman saja, beberapa penjual lain seperti penjual layang-layang hingga baju ganti nampak tak henti-hentinya disapa oleh pembeli. 

Salah seorang penjual makanan dan minuman yang nampak kuwalahan dengan pesanan pelanggan ialah Titik. Ia mengatakan jika di musim liburan kali ini penjualannya naik hingga 75 persen. 

“Alhamdulillah musim liburan ini berkah sekali, dagangan saya laris dibeli pengunjung kira-kira naiknya sampai 75 persenan,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (8/5/2022) saat ditemui di lokasi. 

Jika di hari wekeend, ia mampu menjual sekitar 125 porsi makanan dan minuman. Sedangkan di musim liburan ini ia mengaku bisa menjual seluruh dagangannya sekitar 200 lebih porsi. Di lapak jualannya itu, perempuan 38 tahun ini menjual berbagai menu seperti bakso, mie ayam, gado-gado, mie instan, dan juga berbagai jenis minuman. 

Dari pantauan blokTuban di lapak jualannya, perempuan ramah ini tak henti-hentinya menyuguhkan berbagai menu yang dijajakannya. Nampak pilihan menu yang paling digemari oleh wisatawan ialah mie instan yang dikemas dalam bentuk cup dengan berbagai varian rasa. 

Bahkan, saking banyaknya pesanan mie yang ia terima Titik harus dibantu oleh dua orang lainnya untuk menyeduh mie pesanan pelanggan tersebut. 

“Memang hari ini yang paling laris mie nya. Kadang juga gado-gado nggak mesti karena kan memang pengunjungnya juga beda dan seleranya juga beda,” katanya.

Sementara itu, salah satu pembeli yang nampak menikmati makanan  mengatakan jika ia habis berselfie dan bermain air bersama dengan temannya, sehingga merasa capek dan lapar sehingga memilih untuk berteduh dan menyantap makanan sambil menikmati udara pantai yang menenangkan. 

“Ini tadi saya pesan Pop Mie sama es karena habis foto-foto di laut jadinya kerasa lapar, terus istirahat makan disini sambil lihat view laut dari jauh,” pungkas Ani.  [Sav/Ali]