V-Clan, Band Indie Tuban Bergenre Pop Rock Sukses Buat 8 Single

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.comMusik genre indie kini banyak diminati penggemar musik di Indonesia. Dalam konteks musik, indie bukanlah aliran atau genre tetapi sebuah gerakan bermusik yang bebas dan mandiri yang tidak bergantung pada sebuah label musik atau sebagainya. 

Band yang mengusung gerakan bermusik ini, memiliki kecenderungan untuk menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan. Bahkan, tidak jarang band tersebut menyebut genre mereka dengan nama yang belum pernah ada sebelumnya. 

Biasanya band indie menulis lagu, merekam kemudian mendistribusikan produknya dengan usahanya sendiri. Proses itulah yang menjadi daya tarik serta pesonanya yang berbeda dengan musik mainstream atau band konvensional lainnya.

Di Kabupaten Tuban, telah muncul sebuah band indie bergenre pop rock alternatif bernama V-Clan. Sebagai band lokal Tuban, V-Clan sukses membuat 8 single dan 5 diantaranya sudah masuk dapur rekaman. 

Band yang didirikan oleh alumni SMAN 1 Tuban itu, awalnya personilnya sedang kuliah di Malang sekitar tahun 1999. Dalam perjalanannya 6 single awalnya telah tercipta, tapi band ini kemudian vakum karena beberapa personil harus menyelesaikan studinya di Malang, dan Jember. 

“Sebelum Vakum kita sudah menciptakan 6 single di tahun 2008. Kita menemukan vokal baru dengan formasi baru ini kita berhasil menciptakan 8 single,” salah satu penulis lagu band V-Clan, Andy Hendrawan (35) kepada blokTuban.com, Kamis (12/5/2022).

Andy menambahkan, 8 single ciptaan V-Clan berjudul Bukan kalah (2019), Merebutmu lagi (2020 ), Hilang V-Clan feat Aric Hattori (2021), Mengertilah Cinta (2022) YTC Aisa production, pernah mencoba, dan Tunjuk arahmu di rencanakan akan rilis tahun ini.

"Satu sampai 10 sudah kita produksi lagunya, tapi belum dibuatkan video klip. Yang kesepuluh rencananya dikerjakan dulu video klipnya dan kita rilis akhir tahun," imbuhnya. 

Diceritakan oleh Andy, bahwa materi lagu yang sudah dirilis semuanya tentang kehidupan di sekeliling personil V-Clan. Khusunya masalah percintaan, akan tetapi ia kemas secara sederhana untuk memudahkan pemahaman penikmat lagi indie. Selain itu, semua kejadian real dan diambil dari pengalaman orang-orang terdekat dan sekitar personil. 

"Untuk lagu berjudul hilang menceritakan kehilangan sosok orang yang dicintai atau meninggal. Yang ditinggalkan sampai tidak bisa menerima kenyataan kalau sudah benar-benar pergi," tambahnya. 

Diketahui, V-Clan sendiri memiliki arti 5 kaum laki-laki. V-Clan mempromosikan lagu-lagunya lewat kanal YouTube serta berkolaborasi dengan akun Youtube Aisa Production untuk menayangkan lagu berjudul mengertilah cinta. [Nur/Ali]