16:00 . Akhir Pekan, Cabai Keriting dan Rawit Tuban Turun   |   15:00 . Dahaga Pedagang Sapi Tuban Terobati, Berharap Ekonomi Pulih   |   14:00 . Resmi Dibuka Hari Ini, Pasar Hewan Tuban Diserbu Penjual Sapi Lokal dan Luar Kota   |   13:00 . Peringatan Dini 3 Harian : Waspada Angin Kencang di Tuban, Bojonegoro dan Lamongan   |   12:00 . Mantan CEO Arema Ajak Ringankan Beban Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Malang   |   11:00 . YLBH Minta Negara Bertanggung Jawab Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang   |   10:00 . Sang Penjaga Bumi   |   09:00 . Lirik Lagu 'Teteg Ati' dan Chord - Happy Asmara Trending di Youtube   |   08:00 . 3 Amalan Sambut Maulid Nabi, Wujud Cinta Terhadap Rasullah SAW   |   07:00 . Layanan Jantung di RSUD Koesma Tuban Belum Bisa Diakses Pasien BPJS   |   06:00 . Bukit Lei Resmi Jadi Venue Paralayang Kedua di Tuban, Langsung Dipakai Liga Jatim Seri II   |   05:00 . Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, 127 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia   |   19:00 . Ribuan Masyarakat Padati Festival Bakar Ikan di Tuban   |   18:00 . Peringati Hari Jadi Tuban ke 729, Kecamatan Jenu Bakar 7.290 Ekor Ikan   |   15:00 . Per 1 Oktober 2022 Pertamina Turunkan Harga BBM Pertamax   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

V-Clan, Band Indie Tuban Bergenre Pop Rock Sukses Buat 8 Single

bloktuban.com | Thursday, 12 May 2022 12:00

V-Clan, Band Indie Tuban Bergenre Pop Rock Sukses Buat 8 Single Lagu berjudul hilang, salah satu single ciptaan band V-Clan. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.comMusik genre indie kini banyak diminati penggemar musik di Indonesia. Dalam konteks musik, indie bukanlah aliran atau genre tetapi sebuah gerakan bermusik yang bebas dan mandiri yang tidak bergantung pada sebuah label musik atau sebagainya. 

Band yang mengusung gerakan bermusik ini, memiliki kecenderungan untuk menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan. Bahkan, tidak jarang band tersebut menyebut genre mereka dengan nama yang belum pernah ada sebelumnya. 

Biasanya band indie menulis lagu, merekam kemudian mendistribusikan produknya dengan usahanya sendiri. Proses itulah yang menjadi daya tarik serta pesonanya yang berbeda dengan musik mainstream atau band konvensional lainnya.

Di Kabupaten Tuban, telah muncul sebuah band indie bergenre pop rock alternatif bernama V-Clan. Sebagai band lokal Tuban, V-Clan sukses membuat 8 single dan 5 diantaranya sudah masuk dapur rekaman. 

Band yang didirikan oleh alumni SMAN 1 Tuban itu, awalnya personilnya sedang kuliah di Malang sekitar tahun 1999. Dalam perjalanannya 6 single awalnya telah tercipta, tapi band ini kemudian vakum karena beberapa personil harus menyelesaikan studinya di Malang, dan Jember. 

“Sebelum Vakum kita sudah menciptakan 6 single di tahun 2008. Kita menemukan vokal baru dengan formasi baru ini kita berhasil menciptakan 8 single,” salah satu penulis lagu band V-Clan, Andy Hendrawan (35) kepada blokTuban.com, Kamis (12/5/2022).

Andy menambahkan, 8 single ciptaan V-Clan berjudul Bukan kalah (2019), Merebutmu lagi (2020 ), Hilang V-Clan feat Aric Hattori (2021), Mengertilah Cinta (2022) YTC Aisa production, pernah mencoba, dan Tunjuk arahmu di rencanakan akan rilis tahun ini.

"Satu sampai 10 sudah kita produksi lagunya, tapi belum dibuatkan video klip. Yang kesepuluh rencananya dikerjakan dulu video klipnya dan kita rilis akhir tahun," imbuhnya. 

Diceritakan oleh Andy, bahwa materi lagu yang sudah dirilis semuanya tentang kehidupan di sekeliling personil V-Clan. Khusunya masalah percintaan, akan tetapi ia kemas secara sederhana untuk memudahkan pemahaman penikmat lagi indie. Selain itu, semua kejadian real dan diambil dari pengalaman orang-orang terdekat dan sekitar personil. 

"Untuk lagu berjudul hilang menceritakan kehilangan sosok orang yang dicintai atau meninggal. Yang ditinggalkan sampai tidak bisa menerima kenyataan kalau sudah benar-benar pergi," tambahnya. 

Diketahui, V-Clan sendiri memiliki arti 5 kaum laki-laki. V-Clan mempromosikan lagu-lagunya lewat kanal YouTube serta berkolaborasi dengan akun Youtube Aisa Production untuk menayangkan lagu berjudul mengertilah cinta. [Nur/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, band indie, V-Clan, 8 single, rilis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat