Musik Video Sebagai Sarana Promosi Lagu, Musisi Dangdut Tuban Ingin Tonjolkan Talent Lokal

Reporter : Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Dalam proses perilisan sebuah lagu, terlebih lagu-lagu yang akan dipromosikan secara digital, biasanya akan disertai dengan musik video atau video klip. Musik video sendiri merupakan film pendek yang sudah terkonsep dan disesuaikan dengan lagu yang akan dirilis. Secara umum, musik video memang berfungsi sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan sebuah lagu.

Christian SY, salah satu musisi dangdut lokal Tuban mengatakan, bahwa ketika merilis sebuah lagu ia biasanya juga menciptakan sebuah musik video. Hal tersebut karena perilisan lagunya memang dipasarkan secara digital, bukan album fisik. Saat menciptakan sebuah musik video, Chris, sapaannya biasa membutuhkan talent untuk menampilkan adegan-adegan yang telah dikonsepkan sebelumnya.

“Untuk lokasi shootingnya, kita sesuaikan dengan tema lagunya seperti apa nanti pasti dapet tempatnya. Seperti video klip pertama kali saya saat rilis lagu gawe sopo lokasinya di angkringan sini, GOR, sama di Alun-alun,” jelasnya kepada reporter blokTuban.com, Selasa (7/3/2022).

Pria 26 tahun tersebut juga mengatakan, bahwa talent yang membintangi video klip miliknya juga berasal dari Tuban semua. Ia mengaku lebih mengutamakan teman-teman dari Tuban yang sebetulnya juga punya banyak bakat. 

“Saya nggak pernah ambil talent dari luar, pasti ya dari teman-teman Tuban sendiri karena ingin menonjolkan bakatnya temen-temen Tuban juga,” terangnya.

Dalam proses shooting video klip, Chris mengatakan paling tidak butuh waktu satu hari penuh untuk selesai. Sedangkan untuk keseluruhan proses rilis lagu, mulai dari menulis lirik, recording, dan pembuatan musik video kurang lebih memakan waktu satu sampai satu setengah bulan.

Sebagai salah satu musisi lokal Tuban, pria yang bertempat tinggal di Merakurak juga mengatakan keinginanya agar musisi Tuban bisa bergotong-royong dan saling mendukung satu sama lain agar musik-musik dari musisi lokal Tuban bisa sama-sama populer. 

“Padahal sebetulnya potensi Tuban itu gede banget karena banyak musisinya,” jelasnya.

Ia juga berharap bahwa musisi Tuban terus beregenerasi agar selalu hadir musisi-musisi baru lainnya. “Kadang dari beberapa teman yang minta ajarin buat recording sendiri, atau daftar ke digital platform selagi saya tahu tak bantu agar musisi Tuban bisa sama-sama maju dan dikenal seperti kota-kota lain,” terangnya. [Din/Ali]