Sepekan Pasca Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tuban Stabil

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sepekan pasca lebaran 2022, harga pangan dan kebutuhan pokok di Kabupaten Tuban terpantau stabil. Kendati demikian, masih ada sejumlah komoditi yang harganya masih tinggi seperti gula, bawang merah, cabai, minyak goreng, daging ayam dan juga daging sapi, Kamis (12/5/2022).

Sebaliknya sejumlah kebutuhan pokok lainnya cenderung diharga yang lebih stabil. Hal tersebut, diungkapkan oleh pengelola pasar baru Tuban, Kafi jika saat ini beberapa komoditi bahan pangan sudah cenderung mengalami penurunan. 

“Tidak ada (yang mengalami kenaikan) harga sudah stabil, untuk yang masih tinggi daging ayam tapi itupun juga sudah turun harganya,” terangnya kepada blokTuban.com. 

Kendati sudah bisa dikatakan stabil, ia juga mengatakan saat ini harga dari komoditi bahan pokok cenderung variatif. Adapun beberapa harga bahan pokok di Pasar Baru Tuban saat ini ialah cabai kriting Rp30 ribu per kilogram, cabai biasa Rp40 ribu per kilogram, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, dan minyak goreng dalam kemasar Rp25 ribu per liter. 

Sedangkan untuk minyak goreng curah kini dengan harga Rp18 ribu per liter, bawang merah Rp35 ribu per kilogram, bawang putih Rp25 ribu per kilogram, telur ras Rp25 ribu per kilogram, beras premium Rp10 ribu per kilogram, beras medium Rp8.500 per kilogram, daging sapi Rp130 ribu per kilogram, daging ayam Rp38 ribu per kilogram, dan kedelai import saat ini di harga Rp13 ribu per kilogram.

“Harganya sekarang juga variatif soalnya beda pedagang jualnya juga beda, sama lihat barangnya juga,” katanya. 

Sementara itu, Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Mujiyati jika saat ini harga cabai merah di Kecamatan Plumpang Rp48 per kilogram. Menurutnya harga tersebut naik jika dibandingkan harga sebelumnya yaitu Rp40 ribu per kilogram. 

“Sekarang Rp12 seperempatnya, naik dari yang sebelumnya Rp10 ribu. Harga telur juga masih tinggi sekarang harganya Rp26 ribu satu kilo masih lumayan jauh dengan harga normalnya,” imbuhnya. [Sav/Ali]