Kuliner Tengah Sawah Tasikmadu Suguhkan Pemandangan Alami Pedesaan

Reporter : Winda Refian

blokTuban.com - Di bulan Ramadan 1443 Hijriyah yang penuh berkah, tentu banyak momen seru yang dilakukan masyarakat menjelang waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah berburu hidangan berbuka, Senin (11/4/2022).

Pasar Takjil Ramadan Kuliner Tengah Sawah (KTS) Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban bisa menjadi tujuan warga. Pasar takjil itu merupakan salah satu program dari BUMDes Tasikmadu bersama Karang Taruna, yang berlangsung 6 April 2022 hingga akhir Ramadan nanti.

Terletak di jalan Desa Tasikmadu dengan berlatar pemandangan sawah yang indah, pengunjung akan mendapati banyak pedagang yang menjual berbagai menu takjil. Mulai dari makanan, lauk, jajanan tradisional, buah-buahan, dan berbagai macam minuman dengan harga terjangkau.

Yahya, salah satu pedagang di sana yang menjual berbagai makanan khas Tasikmadu, mengaku memberi harga yang relatif murah untuk menu yang dijualnya.

"Berbagai makanan khas Tasikmadu di sini kami jual dengan harga yang sangat murah, mulai harga Rp. 2000 sampai Rp. 10.000 saja," ungkap Yahya kepada blokTuban.com.

Salah seorang pengunjung bernama Ayu merasa senang dengan diadakannya Pasar Takjil Ramadan tersebut. Sebagai warga Tasikmadu, ia rindu suasana Ramadan yang penuh keramaian dan kegembiraan. 

"Sudah lama tidak ada  kegiatan seperti ini. Kami exited banget. Semoga program Pasar Takjil Ramadan ini bisa setiap tahun diadakan," harap Ayu.

Pihak panitia memberi kebebasan biaya sewa untuk setiap lapak pedagang, hanya saja mereka dikenai tarif sebesar Rp. 2000 untuk biaya kebersihan. Anwar Zein selaku Humas Karang Taruna menjelaskan, untuk sementara pedagang hanya diprioritaskan dari warga desa Tasikmadu saja. 

Kedepannya jika masih memungkinkan, akan diperbolehkan warga luar untuk ikut serta berjualan disana. Diharapkan kegiatan tersebut berjalan lancar dan ramai pengunjung.

"Dengan menyuguhkan pemandangan alami pedesaan, kami berharap masyarakat Desa Tasikmadu dan seluruh Kota Tuban berkenan datang untuk menikmati jajanan tradisional di sini sambil menunggu waktu berbuka puasa," pungkasnya. [Rev/Ali]