Jangan Langsung Dibuang! 4 Sampah Dapur ini Ternyata Masih Bisa Dimanfaatkan Lagi lho!

Reporter: Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Sampah, yang seringkali dianggap sudah tak ada gunanya lagi biasanya langsung dibuang begitu saja. Namun, jika kalian memiliki sampah dapur berikut, jangan langsung dibuang dulu ya, karena masih ada manfaatnya.

Salah satu manfaat yang dapat dapat dirasakan adalah sebagai pupuk alami. Beberapa sampah dapur di bawah ini dinilai mampu menyuburkan tanah. Berikut daftarnya:

1. Cangkang Telur

Karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Caranya, harus dibersihkan dulu cangkang telurnya terlebih dahulu. Tujuananya agar hama tak mendekat. Setelah dicuci bersih, hancurkanlah cangkang telur hingga menjadi kecil-kecil, terus taburkan di sekitar pangkal tanaman di rumah. 

2. Ampas Teh

Jika kalian sering menyeduh teh di rumah, ampas tehnya jangan langsung dibuang ya! Karena ampas teh tersebut, mengandung Nitrat yang terbukti dapat menyuburkan tanah. Caranya pun sangat mudah, jika biasa menggunakan teh celup, guntinglah kantungnya dan ambiil ampasnya. Lalu, segera taburkan ampas teh tersebut di sekitar tanah.

3. Ampas Kopi

Tak hanya ampas teh saja, ampas kopi juga ternyata bermanfaat untuk menyuburkan tanah. Ampas kopi dapat membantu mengasamkan tanah. Tanaman-tanaman yang membutuhkan tanah yang asam seperti mawar dan tomat, cocok untuk diberi ampas kopi. Caranya pun seperti biasa, cukup dengan menaburkannya. Namun perlu diingat, pastikan ampas kopi tersebut tak mengandung gula.

4. Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras mengandung selulosa, protein, gula, dan pati yang terbukti dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Maka dari itu, dengan menyirami tanaman dengan air bekas cucian beras seminggu sekali, dapat membuat tanaman di rumah tumbuh lebih cepat.

Itulah beberapa sampah dapur yang masih bisa dimanfaatkan kembali sebagai pupuk alami. Selain mendapatkan manfaatnya, Kita juga turut serta menjaga lingkungan. [Rul/Ali]