Massa Demo di Kilang GRR Tuban Mulai Berdatangan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Massa demo di Kilang Minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban mulai berdatangan dan berkumpul di halaman Balai Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Senin (24/1/2022).

Sekitar pukul 07.39 Wib, massa pemuda dari enam desa yaitu Desa Wadung, Sumurgeneng, Rawasan, Mentoso, Kaliuntu, dan Beji berencana mendemo PT. Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) terkait rekrutmen tenaga kerja lokal security.

Koordinator aksi, Suwarno mengkoordinir massa kurang lebih 120 pemuda. Saat ini massa dari Desa Beji belum bergabung, sehingga aksi belum dilakukan.

"Kami ingin menagih janji PRPP. Tindaklanjut dari demo yang pertama dulu yang juga di Kilang GRR," ujarnya kepada blokTuban.comdi lokasi.

Dalam surat pemberitahuan aksi yang dikirim ke Polsek Jenu, pemuda mendesak PT.PTC untuk keluar karena disinyalir tidak mampu koordinasi dengan masyarakat di sekitar kilang minyak yang saat ini dikelola oleh PT. Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP).

Tuntutan lain dari pemuda enam desa yaitu, menolak kebijakan Pertamina yang diduga mengintimidasi pekerja lokal dengan pembatasan usia 50 tahun, tetapi pensiunan aparat yang usianya di atas 50 tahun justru dipekerjakan.

Untuk rute aksi yang telah disiapkan oleh pemuda, dari Balai Desa Wadung massa bergerak menyusuri Jalan PLTU Tanjung Awar-awar, dilanjutkan ke gate 1 PRPP Kilang GRR. Pemuda juga telah sepakat bahwa tuntutan harus dipenuhi dan disepakati bersama dengan bukti hitam di atas putih.

Pantauan di lokasi, satu unit mobil komando aksi telah siap beserta belasan spanduk. Diantara tulisan di spanduk menyoal pemberdayaan masyarakat terdampak, kemiskinan di Tuban, janji Pertamina dan lain sebagainya. [ali/ono]