Malam Tahun Baru Hujan Lebat Diprediksi Guyur Jatim

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Pergantian malam tahun baru 2022 identik dengan perayaan kembang api, petasan, hingga camping bersama sahabat dan keluarga. Sebelum menggelar kegiatan di pergantian tahun, masyarakat perlu mengantisipasi cuaca buruk.

Sehari menjelang malam tahun baru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofifika (BMKG) menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi selama musim hujan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, hujan es, puting beliung, sambaran petir, pohon tumbang dan jalan licin.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo, Taufiq Hermawan menjelaskan kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa gangguan atmosfer yang menyebabkan adanya potensi peningkatan intensitas curah hujan di Jawa Timur. 

Saat ini Jatim berada pada musim hujan dan diprakirakan bulan Januari - Februari 2022 merupakan puncak musim hujan yang mana potensi curah hujan relatif tinggi.

Aktifnya pola tekanan redah di Utara Australia yang menyebabkan adanya zona pertemuan angin (konvergensi) dari arah Asia dan Samudera Hindia. Selain itu, ditambah dengan anomali suhu muka laut disekitar wilayah Jawa Timur yang masih cukup hangat +0.5 s/d +1.5'C sehingga mengakibatkan penguatan curah hujan tinggi di Jawa Timur.

“Berdasarkan beberapa gangguan atmosfer diprakirakan pada malam tahun baru 2022 secara umum wilayah Jatim berpotensi hujan intensitas ringan, sedang hingga lebat di beberapa wilayah kabupaten/kota,” ujar Taufiq dalam keterangan resminya, Kamis (30/12/2021).

Wilayah yang dimaksud BMKG seperti Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Kota Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Sampang, Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Juga Kabupate Nganjuk, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Jombang, Kota Madiun, Magetan, dan Kota Batu.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Juanda Sidoarjo membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui website (http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id), media sosial (@infobmkgjuanda), dan telepon (031) 8668989,” tutup Taufiq. [ali/ono]