19:00 . Banjir Rob Terjang 5 Kecamatan, BPBD: Kami Lakukan Penanganan Sementara   |   18:00 . Sengketa Tanah di Desa Tuwiri Wetan, Ini yang Dilakukan Pengadilan Negeri Tuban   |   17:00 . Seniman Internasional Ikuti Pameran Drawing SMK TJP Tuban   |   16:00 . Bukan Kelas Inspirasi Biasa, Pimpinan Daerah Tuban Beri Motivasi 200 Siswa untuk Meraih Cita-citanya   |   15:00 . Razia Narkoba Dadakan, Petugas Malah Temukan Obeng hingga Baterai Milik Napi Lapas Tuban   |   14:00 . Tidak Ada Tanggul Pemecah Ombak, Gelombang Tinggi Rusak Rumah Warga Pesisir Tuban   |   13:30 . Kondisi Banjir ROB Tuban   |   13:00 . Indonesia dan Jepang Bahas Pengembangan Ekonomi Kawasan, Apa Goalnya?   |   12:00 . Begini Cara Polres Tuban Kembalikan Kondisi Psikologis Anggotanya Pasca Ops Ketupat Semeru   |   11:00 . Pulihkan Ekonomi Dunia, Mendag Serukan Kembali ke Perdagangan   |   10:00 . BMKG Tuban Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Pesisir Pantai!   |   09:00 . Banjir Rob Terjang Pesisir Kabupaten Tuban, BMKG Prediksi Hingga 25 Mei   |   08:00 . Hati-hati! Orang Dewasa Muda Dengan Pradiabetes Lebih Besar RIsiko Alami Serangan Jantung   |   18:00 . Perlu Sinergi Indo-Pasifik dengan ASEAN BANGKOK   |   17:00 . 333 Warga Nahdliyin Tuban yang Kesulitan Membaca Dapat Kacamata Gratis   |  
Wed, 25 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peringati HPMI, Perhutani KPH Tuban Lakukan Rebosisasi

bloktuban.com | Monday, 06 December 2021 15:00

Peringati HPMI, Perhutani KPH Tuban Lakukan Rebosisasi Pelaksanaan penanaman pohon. (Foto: Istimewa)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Perum Perhutani KPH Tuban bersama Dandim 0811 melaksanakan MoU dan penanaman bersama di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (06/12/2021).

Reboisasi ratusan pohon dan puluhan buah-buahan tersebut digelar sebagai upaya bersama dalam menjaga kelestarian hutan di wilayah Kabupaten Tuban yang sudah terawat selama ini.

Dalam penanaman pohon dihadiri Dandim 0811/Tuban, ADM Tuban, Asper KPH Kecamatan Plumpang, Asper KPH Kecamatan Parengan, Asper KPH Ngulahan Kecamatan Jatirogo, Forkopimka dan para tokoh masyarakat Kecamatan Semanding
.
ADM Perhutani KPH Tuban Miswanto S.Hut.,M.Hum bersyukur atas dilaksanakannya MoU dan penanaman bersama sinergi Perhutani dan TNI dalam rangka HMPI.

Saat ini banyak masyarakat Tuban yang mencari kehidupan di alam, sehingga pepohonan tidak terjaga dengan baik lagi.

"Reboisasi sebagai langkah awal penghijauan kawasan hutan untuk masa depan," tuturnya

Untuk itu, Perum Perhutani akan membuka lebar untuk semua pihak dalam pelaksanaan menghijaukan kembali di kawasan hutan yang semula tandus untuk merawat dan menjaganya.
"Kami akan membuka ruang bagi semua pihak untuk menjaga kelestarian kawasan hutan seperti kegiatan reboisasi hari ini," ujarnya.

Sepanjang tahun 2021, Perhutani KPH Tuban telah melakukan bersama penghijauan bersama Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridszky, reboisasi di Kecamatan Merakurak, dan di wilayah Laren Kabupaten Lamongan hingga tujuh ribu pohon.

Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan pohon yang ditanam kali ini adalah jenis sengon, trembesi dan balsa. Kegiatan menanam pohon semacam ini tidak hanya berhenti di kawasan lingkungan saja, namun pihaknya ingin menitipkan pohon-pohon tersebut sebagai alternatif investasi masyarakat di masa depan.

Keberadaan sejuta pohon yang ditanam akan sangat bermanfaat untuk alam. Mulai dari memperkokoh kontur tanah dari abrasi, gerusan air hujan, limpasan air, hingga pemecah hempasan angin.

"Kedepannya mudah-mudahan populasi pohon di Tuban terus bertambah dan pada akhirnya memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat kawasan hutan,” imbuhnya.

Sementara Camat Semanding, Danarji S. Sos menambahkan pembukaan lahan penghijauan dan menanam pohon hutan skala luas dapat mengembalikan fungsi hutan dalam penyumbang oksigen. Sekaligus habitat alami flora dan fauna, dan pengatur tata air yang bermanfaat kepada anak cucu serta penerus bangsa di masa mendatang.

“Hutan kita (Tuban) saat ini banyak yang kosong tidak ditanami masih sangat luas. Tiap memasuki musim penghujan bahaya banjir sering terjadi di beberapa daerah. Mudah-mudahan adanya reboisasi ini bisa mengurangi terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Semanding ke depannya,” tutupnya. [ali/sas]

Tag : MoU, HMPI, KPH, tuban, dandim, ngino, semanding



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more