17:00 . Karyawan TPPI Tuban Peduli, Salurkan Bantuan Korban Semeru Melalui Kodim 0811   |   16:00 . IPSI Tuban Berangkatkan 11 Atlet Di Kejurda Pencak Silat   |   15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pusat Tuban Kota Banjir, Air Masuk Rumah Warga dan Hanyutkan Dagangan PKL

bloktuban.com | Thursday, 25 November 2021 13:30

Pusat Tuban Kota Banjir, Air Masuk Rumah Warga dan Hanyutkan Dagangan PKL BANJIR KOTA : Kondisi Jalan Basuki Rahmat di Pusat Kota Tuban saat Kebanjiran Usai Hujan Lebat (foto ;ali)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan lebat yang terjadi pada Kamis (23/11/2021) pukul 11.30 Wib siang menyebabkan kawasan Tuban Kota banjir. Dua ruas jalan langganan banjir adalah Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Brawijaya atau sekitar Bank Jatim masuk Kelurahan Kebonsari dan Sendangharjo, Kecamatan Tuban.

Setiap kali banjir, ketinggian air di jalur tersebut di atas mata kaki hingga lutut orang dewasa. Pantauan reporter blokTuban.com kendaraan melintas dengan lambat karena khawatir air naik ke bagian mesin dan memicu mogok kendaraan. Warga sekitar yang tergerak hatinya dengan sukarela mengatur lalu lintas, supaya tidak terjadi kemacetan.

Selama hujan masih turun, arus air dari arah selatan atau dari Kecamatan Semanding masih deras mengalir ke pusat Tuban Kota. Saluran irigrasi yang ada terpantau tidak muat menampung banjir langganan tersebut.

"Ini banjir terbesar dalam pekan ini setelah hujan satu jam. Pemicunya air kiriman dari arah Semanding sangat besar," kata Sugianto warga Kelurahan Kebonsari di lokasi.

Warga berharap, Pemerintah Kabupaten Tuban bertindak untuk memperbaiki saluran irigasi dengan cara memperlebar dan memperdalam salurannya. Selain menghambat lalu lintas, banjir juga masuk rumah warga dan merugikan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Sobri (48) salah satu PKL mengaku banjir datang mendadak dan membuat dagangan batu akiknya hanyut. Ia tidak bisa menyebutkan berapa kerugian yang dialaminya siang hari ini.

"Semoga pemangku kebijakan memperbaiki saluran supaya airnya lancar," sambungnya.

Lebih dari itu, banjir di Tuban Kota juga masuk ke rumah warga dengan ketinggian 15-20 centimeter. Selain terus berupaya menghalau banjir secara mandiri, warga juga meminta Pemerintah bertindak cepat supaya rumah warga tidak terus-terusan kebanjiran. 

"Banjir paling tinggi 30 Cm dan terjadi kemarin," ujar Dedi warga Sendangharjo.

Cara warga menghalau banjir beragam, mulai dari menumpuk paving, karung sak berisi pasir, hingga memasang papan di pagar rumah. Sepekan ini banjir terjadi dua kali termasuk di RT 2 RW 3 Kelurahan Sendangharjo.

Banjir yang terjadi di Kelurahan Sendangharjo, air cukup lama menggenangi gang/jalan lingkungan dan halaman rumah warga. Bagi rumah yang posisinya lebih rendah dari jalan, secara otomatis kebanjiran.

Bisma (15) pemuda setempat tidak kaget dengan banjir di lingkungannya. Ia memilih nongkrong santai di tengah banjir karena tidak ada tempat lain. 

"Banjir kali ini cukup parah," bebernya.

Fenomena banjir langganan di pusat Tuban Kota, reporter blokTuban.com masih berupaya mengkonfirmasi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban, Darmaji. Pesan singkat yang dikirimkan masih belum terbaca.

Sembari menunggu kebijakan Pemkab, warga terdampak banjir langsung membersihkan sisa sampah banjir saat hujan reda. [ali/ono]

 

Tag : banjir, pusat kota banjir, bandji bandang, hujan lebat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more