17:00 . Luka-Luka, Korban Tabrak Lari di Temandang Jalani Perawatan di RSUD   |   16:00 . Skateboard, Olahraga yang Digandrungi Para Pemuda Tuban   |   14:00 . Sedekah Sampah, Program untuk Didik Anak Peduli Daur Ulang Sejak Dini   |   14:00 . Pemuda Bandungrejo Meriahkan Hari Pohon Nasional dengan Pentas Musik dan Tanam Pohon   |   11:00 . Gus Syafiq: Jangan Samakan Muktamar dengan Pemilu, Sudahi Isu Pertikaian   |   07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   20:00 . PSHT Tuban Peringati HJT ke728 dengan Festival Pencak Silat   |   19:00 . Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Sobat Bumi Unirow Lakukan Ini   |   18:00 . Porkab VI Bawa Nilai Tambah bagi Pelatih Drum Band   |   17:00 . Tagana dan KSB Ronggolawe Adakan Lomba Mewarnai   |   17:00 . Tumbuhkan Kreatifitas di Era Digital, PBSI Unirow Tuban Gelar Pelatihan E-Mading Bagi Pelajar   |   16:00 . Alat Berat Bantuan Pertamina EP Sukowati Field Percepat Perbaikan Tanggul Avour yang Jebol   |   15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuban Berstatus Waspada Banjir, BMKG: Peluang Curah Hujan Tinggi Sampai Desember

bloktuban.com | Wednesday, 17 November 2021 10:00

Tuban Berstatus Waspada Banjir, BMKG: Peluang Curah Hujan Tinggi Sampai Desember WASPADA : Curah Hujan yang Tinggi Menjadikan Tuban Berstatus Waspada. (foto : ali)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tuban pada Selasa (16/11) sore dikabarkan menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Soko dan Montong. Selang beberapa hari sebelumnya banjir bandang terjadi di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak.

Rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kabupaten Tuban kini berstatus waspada banjir bandang sebagai dampak dari potensi hujan lebat yang terjadi hampir seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Meskipun belum ada di puncak musim penghujan, BMKG tetap menghimbau warga masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga kewaspadaan.

"Iya tetap waspada. Ini bukan puncak musim hujannya. Puncak musim hujannya terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022," kata Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (17/11/2021).

Zem menambahkan, bahwa bulan November 2021 ini perlu tetap waspada karena ada fenomena La Nina yang akan meningkatkan curah hujan sehingga bisa menimbulkan bencana Hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor dan angin kencang.

La Nina sendiri didefinikasi sebagai kondisi penyimpangan (anomali) suhu permukaan laut Samudra Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin daripada kondisi normalnya. Kondisi ini berdurasi beberapa bulan hingga dua tahun, dan berupang setiap beberapa tahun (siklus 2- 8 tahun).

Berdasarkan analisis historis curah hujan, La Nina membawa dampak pada curah hujan dimana pada bulan Oktober 2021, sebagian Jawa Timur telah memasuki musim penghujan dan terus meluas hingga bulan November.

Curah hujan atas normal terjadi pada November hingga Desember mendatang. Ditambah peluang curah hujan tinggi juga akan terjadi pada Desember hingga Maret khususnya Jawa Timur bagian tengah dan timur.

Zem kemudian memberikan beberapa rekomendasi atas kondisi ini, seperti optimalisasi tata kelola air teristegrasi dari hulu hingga hilir, penyiapan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debitbair berlebih.

Optimalisasi sektor pertanian terutama lahan tadah hujan, dan sektor energi berbasis PLTA, waspadai curah hujan ekstrim yang dapat merugikan sektor pertanian, infrastruktur dan dampak bencana hidrometeorologis.

"Terakhir peningkatan kerjasama antar daerah untuk pengurangan resiko bencana hidrometrologi lintas kabupaten," tutupnya. [ali/ono]

 

Tag : banjir, la nina, bmkg, status waspada, curah hujan tinggi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more