Pertamina EP Sukowati Field Gelar FGD dengan Pelaku UMKM Batik Sambiroto

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pertamina EP Sukowati Field menggelar sosialisasi sekaligus Focus Group Discussion dengan para pelaku UMKM Batik Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro beserta Kepala Desa Sambiroto, seluruh perangkat, BPD, dan BUMDES, hari senin (1/11/2021). 

Program ini diinisiasi berdasarkan hasil social mapping yang dilakukan Pertamina EP sebelumnya di 6 desa wilayah operasi Pertamina EP Sukowati Field.

Melalui program pemberdayaan ekonomi ini Pertamina EP Sukowati Field berharap dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui pilar UMKM. 

Sementara itu, Achmad Setiadi, Senior Officer Relations & CID Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream mengatakan bahwa Program Batik ini sebenarnya pernah didukung oleh operator sebelumnya. 

"Mengevaluasi dari program-program terdahulu, kami ingin program yang kami realisasikan sekarang menjadi program-program yang berkelanjutan, maka dari itu kami melakukan sosial mapping agar dapat mengetahui kebutuhan masyarakat secara objektif, " ujar Setiadi.

Selanjutnya, Gunawan Wibisono selaku Kepala Desa Sambiroto mengaku sangat berterima kasih kepada Pertamina EP Sukowati Field karena membantu kelompok pengrajin batik di desanya.

"Untuk selanjutnya silakan langsung berkoordinasi dengan kelompok, pada intinya saya sangat senang masyarakat saya mendapat dukungan program ini," kata Gunawan. 

Pihaknya juga mengharapkan agar nantinya dapat menghasilkan program yang mandiri lainnya sehingga Pertamina EP Sukowati Field dapat mendukung program-program UMKM secara meluas dan beragam. [uul/lis]