Gus Syafiq: Lebih Baik Fokus Pemulihan Ekonomi Daripada Ribut Soal Kemenag

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com- Statment Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas soal Kementrian Agama, beberapa hari terakhir menjadi perbincangan publik serta menimbulkan polemik. Hal itu membuat Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur M Syafiq Syauqi angkat bicara.

Gus Syafiq begitu ia disapa menilai, polemik ini harus segera dihentikan. Sebab pidato Menag tersebut untuk kalangan internal, bahkan pihaknya juga telah mengeluarkan penjelasan.

"Itu kan untuk motivasi, yakni memotivasi santri dan pesantren untuk bangga, jadi harap memaknai sesuatu berdasarkan konteks-nya," kata mantan ketua PC GP Ansor Tuban tersebut, Rabu (27/10).

Gus Syafiq lantas mencontohkan pidato seorang tokoh, beberapa waktu lalu. Sempat juga tokoh tersebut mengunggulkan salah satu suku dalam rangka memotivasi .

"Dalam pidatonya banyak membeberkan tokoh-tokoh hebat dan menyebutkan satu persatu. Konteksnya sama, tujuannya memotivasi tidak dalam rangka mendiskreditkan kelompok lain," tegasnya.

0leh sebab, itu Ketua PW GP Ansor Jatim berharap, isu soal hal ini dihentikan. Ia juga tidak ingin kondisi ini dibiarkan panjang dan dipolitisir.

"Apalagi Gus Menteri sudah menyampaikan konteks statment beliau secara gamblang. Saya kira tidak perlu dipolitisir ke mana-mana," tandas Gus Syafiq.

Saat ini, yang paling urgen menurut dia, dan yang perlu mendapatkan perhatian masyarakat soal kebangkitan ekonomi dan UMKM pasca pandemi.

"Bagaimana caranya agar kita tidak terjebak lagi pada gelombang kedua Covid-19, ini saja yang produktif kita wacanakan di publik, jangan mewacanakan yang tidak produktif," pungkasnya. [Rof]