Relawan Dilatih Tracer, Jatah Vaksin, dan Ruang Isolasi yang Tidak Penuh

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah relawan di Kecamatan Bangilan mendapat pelatihan tracer dari Forkopimka setempat. Peningkatan kapasitas SDM relawan di wilayah Tuban selatan tersebut untuk mendukung kegiatan Satgas Covid-19.

Intensitas penyebaran virus covid saat ini semakin tinggi tidak hanya di wilayah Bangilan, akan tetapi hampir di seluruh  daerah. Dengan relawan yang terlatih akan mempermudah pemetaan data yang terpapar virus.

Para relawan ini juga akan mengkampanyekan pola hidup selama pandemi berlangsung. Yakni penerapan prokes dan menjaga jarak.

Berita selengkapnya: Relawan Tuban Selatan Dapat Pelatihan Tracer Covid-19

Sementara itu masyarakat tidak perlu takut kekurangan jatah vaksi. Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky memastikan hingga saat ini ketersediaan stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Tuban masih terpenuhi.

Hal itu disampaikan oleh bupati usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Tuban dengan agenda nota penjelasan KUPA-PPAS PAPBD tahun anggaran 2021, Kamis (5/8/2021).

Pada kesempatan itu, dia menjelaskan Kabupaten Tuban hingga saat ini masih terus mendapatkan jatah vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat guna untuk percepatan proses vaksinasi.

"Stok vaksin di Kabupaten Tuban kita tetap dapat jatah, tapi memang tidak sebesar seperti biasanya karena mungkin ada daerah-daerah yang diprioritaskan lain," terang Bupati Lindra kepada wartawan.

Berita selengkapnya: Bupati Lindra Sebut Stok Vaksin di Tuban Masih Terjaga

Dia juga mengatakan, kondisi ruang isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk pasien terinfeksi Covid-19 kini masih tersedia dan tidak lagi penuh. 

Hal itu terjadi seiring kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban yang terus melandai.

Disamping itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban juga mengimbau kepada para Pemerintah Desa (Pemdes) agar memaksimalkan pemanfaatan ruang isolasi yang ada di desa.

Berita selengkapnya: Kasus Covid-19 Melandai, Bupati Tuban: Ruang Isolasi Tidak Lagi Penuh

Pandemi akan berlalu asalkan semuanya bahu membahu dan saling memberikan dukungan agar virus Covid-19 bisa terkendali.