07:00 . Inilah Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur   |   17:00 . Pemkab Tuban Bakal Evaluasi Bansos Lebih Tepat Sasaran   |   16:00 . Jembatan Glendeng Masih Proses Anggaran Lagi?   |   15:00 . Bakpao Buatan Napi Lapas Menggugah Selera   |   14:00 . Tak Terdampak Covid-19, Anak-anak Alihkan BST ke Warga Kurang Mampu   |   07:00 . Awas, Ini Lima Risiko Penyakit Jika Pakai Lipstik Setiap Hari   |   17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |  
Sun, 01 August 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tahun 2022, Wacana Pilkades Elektronik akan Dilakukan

bloktuban.com | Sunday, 23 May 2021 15:00

Tahun 2022, Wacana Pilkades Elektronik akan Dilakukan

Reporter : M. Anang Febri 

blokTuban.com - Tahun 2022 mendatang, ada sejumlah wilayah desa di Kabupaten Tuban bakal melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Akan tetapi, proses pemilihan pemimpin desa itu digadang-gadang bakal beda dari sebelumnya. 

Jika Pilkades yang lalu-lalu masih pakai cara manual, dengan sistem coblos kertas menggunakan paku, tahun depan diwacanakan akan diubah lebih modern dengan menggunakan sistem elektronik. 

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Tuban, Lutfi Firmansyah saat melakukan sosialisasi public hearing Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pilkades. 

"Jadi harapan kami, kemarin pada rapat kerja, kami ingin meniru Kabupaten-Kabupaten yang selama ini sudah sistem memakai pemilihan kepala desa bukan mencoblos. Tapi menggunakan elektronik," ujar Lutfi kepada para peserta public hearing yang digelar di kawasan Dusun Dalwo, Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Sabtu (22/5/2021) siang kemarin. 

Dijelaskan Lutfi, sistem Pilkades elektronik yang ia sebutkan tadi telah dipakai oleh sejumlah kawasan di Yogjakarta. Seperti Selaman dan Bantul yang sudah tak menggunakan paku lagi untuk mencobloa surat suara. 

Sistem ini diklaim bakal lebih cepat, yang mana menggunakan tab yang diinstal aplikasi khusus. Contoh, jika ada 3 Cakades, maka warga tinggal sekali klik gambar yang ia pilih. Tinggal pencet sekali, dan tak bisa dipencet 2 kali. 

"Akan langsung terinput di layar powerpoint. Sudah jelas, jadi gak bisa dimanipulasi. Sistem elektronik itulah yang diharapkan untuk modernisasi tentang pemilihan Kepala Desa. Rencananya 2022 juga kita pakai, tapi bukan semua desa," lengkapnya. 

Adapun alat serta sarana prasarana sistem Pilkades berbasis elektronik ini harus joint kepada sebuah PT yang bekerjasama dengan Dispemas Kabupaten Tuban.

"Saat ini masih proses penganggaran alat. Karena Dispemas belum siap untuk serentak, maka kami ingin coba di kecamatan kota. Dan rencana serentak, mungkin diatas tahun 2025," pungkas Lutfi. 

Perihal perbandingan sistem Pilkades yang dinilai lebih moder ini, tentu akan lebih mengirit biaya. Karena alatnya bukan sekali pakai. Namun bisa dipakai lagi, karena berbasis IT. [feb/col]

 

 

Tag : Pilkades, elektronik, wacana

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat