08:00 . Dampak PPKM Darurat, Penjual Sayur Keluhkan Sepi Pembeli   |   07:00 . Inilah Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur   |   17:00 . Pemkab Tuban Bakal Evaluasi Bansos Lebih Tepat Sasaran   |   16:00 . Jembatan Glendeng Masih Proses Anggaran Lagi?   |   15:00 . Bakpao Buatan Napi Lapas Menggugah Selera   |   14:00 . Tak Terdampak Covid-19, Anak-anak Alihkan BST ke Warga Kurang Mampu   |   07:00 . Awas, Ini Lima Risiko Penyakit Jika Pakai Lipstik Setiap Hari   |   17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |  
Sun, 01 August 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hemat Biaya dan Waktu, Lapas Hadirkan PELITA untuk Keluarga Warga Binaan

bloktuban.com | Sunday, 23 May 2021 16:00

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Keluarga warga binaan yang hendak menerima dokumen dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban tidak perlu lagi datang langsung. Saat ini telah hadir Pelayanan Integrasi Tanpa Tatap Muka (PELITA), Minggu (24/5/2021). 

Untuk dapat mengakses program PELITA, keluarga warga binaan bisa mengunjungi alamat https://link.lapastuban.id/layanan, ataupun di media sosial milik Lapas Tuban. 

"Di website Lapastuban.id ada panduan dan tata cara menggunakan layanan PELITA. Bagi yang membutuhkan penjelasan lebih rinci bisa menghubungi 

Nomor Telp (0356) 321544 atau email : lapastuban@gmail.com. Petugas kami akan cepat merespon," ujar Kepala Lapas Kelas II B Tuban, Siswarno kepada reporter blokTuban.com. 

Pria kelahiran Mrutuk, Kecamatan Widang itu menambahkan, hadirnya PELITA dapat menghemat biaya waktu keluarga warga binaan. Misalnya jika rumahnya di Kecamatan Senori ataupun Bangilan, mereka pulang pergi masih harus keluar ongkos perjalanan dan makan sebesar Rp100.000. 

Adanya digitalisasi layanan ini, diharapkan Siswarno tidak mengganggu jam kerja keluarga warga binaan. Sebaliknya perlahan mampu mempercepat akses dan informasi seputar Lapas Tuban. 

Dijelaskan di situs Lapas, untuk tata cara layanan PELITA mulai dengan mengunduh dokumen integrasi yang ada. Kemudian mencetak dan isi dokumen tersebut masing-masing dua lembar. 

Keluarga warga binaan bisa langsung mengirimkan semua dokumen persyarakatan dan dokumen integrasi ke Lapas Kelas IIB Tuban. Ada pengecualian khusus wilayah Kota Tuban bisa memaketkan ke alamat Jalan Veteran No.01 Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Kode Pos. 62311. 

Sedangkan dokumen persyaratan yang harus dilengkapi yaitu, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan KTP penjamin, fotokopi KK dan KTP Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dan materai terpasang di dokumen sejumlah tiga lembar. 

Beberapa dokumen yang dapat diunduh di situs lapas, yaitu Surat Jaminan Kesanggupan Keluarga (Asimilasi di rumah), Surat Jaminan Kesanggupan Keluarga (Asimilasi), Surat Jaminan Kesanggupan Keluarga (CB), Surat Jaminan Kesanggupan Keluarga (CMB) 

Surat Jaminan Kesanggupan Keluarga (PB), Surat Jaminan dari Lapas, Surat Jaminan dari Bapas, Surat Pernyataan Narapidana (Asimilasi di Rumah), Surat Pernyataan Narapidana (Asimilasi), Surat Pernyataan Narapidana (CB), Surat Pernyataan Narapidana (CMB), Surat Pernyataan Narapidana (PB), dan Surat Pernyataan Tanpa Biaya. 

"Pelayanan Lapas terus kami tingkatkan. Diantaranya juga dipintu masuk ada petugas yang akan menyapa dan melayani apa kebutuhan keluarga warga binaan saat datang ke Lapas," pungkas Siswarno. [ali/col]

 

Tag : Lapas, online , Aplikasi

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat