Hari Pertama Puasa, Penjual Siwalan Kebanjiran Pembeli

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Buah siwalan biasa disebut sebagai buah lontar atau juga buah ental, buah yang menyegarkan bagi tenggorokan maupun bagi tubuh. Di awal puasa ini beberapa penjual siwalan mengalami kenaikan pembeli.

Misalnya Razak (35), pembeli siwalan asal Bojonegoro, dia mengaku sangat menyukai siwalan, apalagi momen di bulan puasa.

“Kebetulan tadi habis ziarah, saya sempatkan beli siwalan di sini. Kalau ke Tuban pasti pertama yang saya beli adalah siwalan, cocok untuk buka puasa,” tuturnya saat ditemui Reporter blokTuban.com di Jalan Tuban – Babat.

Selain menyegarkan tubuh, khasiat buah siwalan bisa digunakan sebagai isotonic dalam tubuh. Bentuk buahnya yang bening seperti kolang kaling dan dagingnya yang lembut seperti kelapa muda, sangat cocok jika menjadi minuman di kala panas matahari menyengat di siang hari. Segar menjadi menu untuk berbuka.

Menurut Suryati, salah satu pedagang siwalan, hari pertama puasa  buah siwalan dicari banyak pembeli.

“Alhamdulillah berkah puasa, sebelumnya selama pandemi penghasilan turun drastis, sekarang sudah mulai rame lagi. Biasanya laku 5 kadang tidak sama sekali, hari ini sudah 30 bungkus yang laku,” ujarnya

Hal yang sama juga dialami penjual siwalan yang lain, Suwanto.

“Alhamdulillah mbak, banyak yang beli. Semoga setiap hari seperti ini terus,” imbuhnya.[ulf/ono]