08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |   11:00 . Boleh Silaturahim Tatap Muka, Tapi Tetap Pakai Masker   |   09:00 . Hampir Setahun Diterlantarkan, Kini Jembatan Glendeng Jadi Biang Kemacetan   |   07:00 . Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?   |   17:00 . Kemenkumham Beri Remisi Khusus 168 Napi di Tuban   |   16:00 . Lebaran, Kawasan Obvitnas di Tuban Dijaga Ketat   |   15:00 . Masa Pandemi, 935 Warga Tuban Daftar Haji   |   13:00 . Jika Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan, Perpusda Harap Bisa Layani Baca Buku di Tempat   |   11:00 . Tunggu Keputusan Pusat, 1.296 Calon Haji Tuban Siap Berangkat Tahun Ini   |   09:00 . Dampak Pandemi, Perpusda Tuban Tak Layani Baca Buku di Tempat   |   07:00 . Jangan Asal Beli Tisu Basah Bayi, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan!   |  
Sat, 15 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kepergok Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Push Up

bloktuban.com | Saturday, 16 January 2021 11:00

Kepergok Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Push Up

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kesadaran sejumlah masyarakat di Kabupaten Tuban dalam memakai masker terbilang masih rendah. Hal itu ditemukan saat petugas gabungan Satgas Covid-19 saat menyisir pengunjung dua pasar tradisional dan objek wisata.

Kepada Satgas Covid-19, para pelanggar berdalih lupa membawa masker, terburu-buru berangkat serta rumahnya dekat. Rata-rata pelanggar kepergok petugas, saat melintas di titik razia.

Sebagian pelanggar ada yang diberikan himbauan, teguran, ada pula yang dihukum push up puluhan kali serta denda. Ada juga pelanggar yang banyak alasan, karena sebelumnya kedapatan melanggar prokes.

Tak cukup dihukum, sebagai bentuk edukasi petugas juga memberikan masker dan berpesan supaya masyarakat lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Dua pasar yang menjadi sasaran razia masker, yaitu sepanjang pasar hewan Semanding, dan Pasar Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak. Titik terakhir razia di wisata Jatiwangi Merakurak.

Kepada blokTuban.com, Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Chakim Amrullah mengatakan patroli yang dikemas yustisi hari ini dalam rangka menegakkan peraturan prokes di tempat keramaian.

"Meskipun Kabupaten Tuban tidak masuk program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKPM) di Jawa Timur, Satgas Covid-19 tetap getol lakukan pendisiplinan masyarakat," ujar AKP Chakim bersama petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polres, dan Kodim 0811.

Hal itu dilakukan karena angka kematian yang disebabkan Covid-19 masih tinggi, dibanding dengan kesembuhannya. Per tanggal 15 Januari 2021, jumlah yang meninggal dunia ada 233 orang, dan 1.712 orang sembuh dari 2.270 kasus kumulatif terkonfirmasi positif.

"Dasar razia prokes adalah Peraturan Bupati (Perbup) Tuban Nomor 65 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan," imbuh mantan Kapolsek Bancar.

Di awal 2021 Pemerintah Kabupaten Tuban juga mengeluarkan surat edaran yang ditandatangani Bupati Fathul Huda, terkait pembatasan kegiatan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Tercatat ada 6 kegiatan yang dibatasi, baik waktu pelaksanaan dan jumlah kunjungannya. Diantaranya pusat ekonomi yang menimbulkan keramaian.

SE diterbitkan pada tanggal 12 Januari 2021. Menindaklanjuti keputusan Gubernur Jawa Timur tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Tuban yang belum terkendali. [ali/ono]

 

Tag : razia, operasiyustisi, hukuman, sanksipushup

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more