20:00 . 1 Desember 2022 Hari AIDS Sedunia, ODHA Kerap Hadapi Stigma Buruk Masyarakat   |   19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |   06:00 . Kali Kening Meluap, Ratusan Rumah Warga di Tuban Terendam Banjir   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos

bloktuban.com | Friday, 15 January 2021 11:00

Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Puluhan ribu data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dihapus oleh sistem telah diajukan ulang ke Kemensos RI oleh Pemerintah Kabupaten Tuban, Jumat (15/1/2021).

"Data yang telah dicocokkan oleh pemerintah desa pada tanggal 13 Januari malam langsung kami kirimkan kembali ke Kemensos RI," ungkap Plt. Kepala Dinsos P3A Tuban, Joko Sarwono.

Total penerima bansos sembako di Kabupaten Tuban pada bulan Januari 2021 mencapai 85.196 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah ini berkurang dibandingkan bulan Desember 2020 sebesar 107.107 KPM atau berkurang 21 ribu KPM lebih.

Pengurangan jumlah penerima oleh Kemensos RI, lanjut Joko, disebabkan sejumlah faktor, diantaranya graduasi program PKH Non-Komponen, penerima ganda dalam satu KK dan ketidaksesuaian data kependudukan penerima.

"Kami bergerak cepat menyikapi perubahan data penerima ini," ungkapnya.


Data penerima dari Kemensos RI selanjutnya dikirimkan kembali ke pemerintah desa untuk diverifikasi dan validasi dengan data riil di desa.

Lebih dari itu, KPM yang seharusnya menerima namun tercoret dari data penerima, pada bulan Februari mendatang kemungkinan akan dapat kembali menerima bantuan.

Penghapusan data KPM juga disoroti oleh Komisi 4 DPRD Tuban. Ketua Komisi 4 Tri Astuti menemukan akar masalah dari persoalan ini adalah perbaruan data.

Politisi Dapil 2 sekaligus Ketua DPC Gerindra Tuban meminta Dinsos untuk mengedukasi ke Pemerintah Desa khusus operator untuk terus mengupdate data KPM sesuai aturan yang berlaku.

Dampak dari penghapusan data ini, salah satu KPM di Kecamatan Widang, Darwati (58) menangis karena tidak lagi bisa membeli beras. Ia hanya mengandalkan jualan kangkung, tempe, dan bawang untuk menyambung hidup bersama suaminya yang sakit-sakitan.

"Iya, kemarin sempat tak punya beras," sambungnya.

Diketahui, tim Koordinasi BPNT/BSP Kabupaten Tuban melakukan monitoring distribusi komoditi bantuan sosial pangan program BPNT/BSP, secara serentak hari Kamis (14/1).

Tim Koordinasi BPNT/BSP Kabupaten Tuban yang terdiri dari OPD Pemkab dan Polres Tuban mengecek secara langsung komoditi pangan di seluruh kecamatan di kabupaten Tuban. [ali/rom]

Tag : kpm, kemensos, bpnt, penerima manfaat, keluarga miskin, penerima bpnt



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat