Milenial dan Perbankan Syariah

Oleh : : Dian Rustyawati

blokTuban.com - Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar. Hal ini menjadikan Indonesia potensial untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. 

Perbankan syariah merupakan salah satu bentuk dari lembaga keuangan syariah. Dalam perkembangannya, perbankan syariah menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi milenial, yang mulai memiliki pandangan menyeimbangkan kehidupan modern dengan keislaman. 

Generasi milenial berada di usia produktif, di mana banyak aspek kehidupan dipengaruhi oleh kontribusi generasi milenial ini, termasuk dalam penggunaan jasa perbankan Syariah. Generasi milenial merupakan generasi yang adaptif terhadap perubahan zaman. Generasi ini mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan mereka cukup akrab dengan teknologi.

Penawaran produk-produk perbankan syariah berbasis teknologi tentunya tak luput dari perhatian mereka. Pemahaman akan literasi keuangan yang diiringi kesadaran pengelolaan keuangan pribadi membuat generasi milenial tertarik dengan produk-produk perbankan, termasuk perbankan syariah karena mereka cenderung memiliki minat dan gaya hidup sesuai dengan agama dan keyakinannya. 

Munculnya pandemic Covid-19 memberikan pengaruh pada demografi Indonesia, di mana sebagian besar milenial muslim mengalami perubahan dalam berbagai hal, termasuk perilaku, kebiasaan, minat, dan juga kondisi perekonomian. 

Karena itu diperlukan adanya kolaborasi dan sinergi dalam mendorong milenial muslim untuk berperan aktif dalam penguatan ekonomi, khususnya ekonomi berbasis syariah melalui perbankan syariah.(*)