Kerahkan Damkar, BPBD Bantu Bersihkan Lumpur Bekas Banjir di SDN Ngrayung
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Sejumlah personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dikerahkan untuk membantu membersihkan lumpur bekas banjir bandang yang terjadi pada, Selasa (5/1/2021) kemarin.
 
Pembersihan lumpur bekas banjir bandang tersebut salah satunnya dilakukan personel BPBD Tuban di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Ngrayung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.
 
Ditempat tersebut, Tim BPBD Tuban dan BPBD Pos BPBD Rengel mengerahkan 1 unit mobil Damkar dan 2 unit mobil tangki untuk membersihkan sebanyak 12 ruangan kelas yang penuh dengan lumpur bekas banjir bandang.
 
"Pada hari Rabu pagi, kami menerima laporan dari Camat Plumpang, perihal permohonan bantuan penyemprotan lumpur di dalam kelas dan ruangan guru sebanyak 12 ruangan akibat hujan deras dan air dari bukit turun ke sekolahan," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto, Rabu (6/1/2021).
 
Dia menambahkan, dalam kegiatan pembersihan lumpur bekas banjir bandang tersebut, BPBD dibantu Babinsa Desa Ngrayung, para guru, serta murid-murid untuk membersihkan lumpur dengan cara disemprot dengan mobil damkar dan mobil tangki.
 
"Pembersihan lumpur kita lakukan dengan cara disemprot mengunakan mobil damkar Pos Rengel dan mobil tangki," imbuhnya.
 
Sekadar diketahui, pada hari Selasa (5/1/2021) siang hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tuban menyebabkan tiga wilayah kecamatan dilanda banjir bandang.
 

Tiga kecamatan tersebut yaitu Plumpang, Grabagan, dan Singgahan. Bahkan, banjir di Kecamatan Plumpang dan Grabagan sempat memutus arus lalu lintas kendaraan.[hud/ito]