Puluhan Jurnalis Muda Ikut Latihan Menulis Berita dan Fotografi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sekelompok jurnalis muda tengah serius mengikuti pelatihan menulis berita, siaran pers, hingga fotografi. Mereka adalah calon anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Kabupaten Tuban, Sabtu (21/11/2020).

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dasar tahun 2020 digelar selama dua hari tanggal 21-22 November 2020. Tanpa menginap dan digelar sesuai dengan protokol kesehatan.

Materi awal terkait penulisan berita langsung dan siaran pers. Disampaikan oleh reporter blokTuban.com. Dalam waktu dua jam, para jurnalis muda diajak memahami peran wartawan, fungsi media, perbedaan kerja jurnalis dan netizen, teknik penggalian data hingga wawancara.

Dalam kesempatan ini ditekankan bahwa jurnalis kampus harus mampu memproduksi berita setiap harinya. Karena setiap orang atau mahasiswa membutuhkan berita karena di dalamnya mengandung informasi dan edukasi.

Salah satu peserta pelatihan, Rahayu optimis ke depan mampu memproduksi berita yang baik sesuai dengan etika dan UU Pers nomor 40 tahun 1999. Dengan banyak belajar dan membaca, penulis berita akan kaya diksi.

"Tanpa membaca kita akan kesulitan membuat berita," ucapnya.

Pemateri Fotografi, Saiful Adam memberikan teknik mengambil foto berita dan foto lepas. Saat ditawarkan ke peserta, mereka lebih condong ke foto lepas.

"Untuk foto berita jangan lupa diberi caption yang bisa menceritakan foto. Jangan lupa juga mempertimbangkan cahaya saat menjepret foto, karena akan mempengaruhi kualitas hasil," sambung Saiful yang juga wartawan media cetak Jawa Timur.

Sayidatul Mukaromah selaku Pimpinan Umum (PU) LPM Waskita Unirow menambahkan, setelah diklat dasar akan dilanjutkan diklat lanjutan. Tidak semua peserta bertahan hingga tahap lanjutan karena ada seleksi alam.

"Kita juga bebaskan untuk peserta apakah akan fokus ke penulisan berita, foto, atau keorganisasiannya," tandasnya. [ali/rom]