09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |   09:00 . Lirik dan Chord Gitar Disana Menanti Disini Menunggu - Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae) | Trending Youtube   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sarbumusi Tuban Tegas Tolak UU Ciptakerja

bloktuban.com | Thursday, 08 October 2020 19:00

Sarbumusi Tuban Tegas Tolak UU Ciptakerja

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - DPC Sarbumusi-NU Kabupaten Tuban memandang perlu mengambil sikap terkait disahkannya RUU ciptakerja menjadi UU ciptakerja pada tanggal 5 Oktober 2020 lalu.

Ketua DPC Sarbumusi-NU Kabupaten Tuban, Irhamsyah secara tegas menolak UU ciptakerja atau yang lebih dikenal dengan omnibus law. Pihaknya mengklaim, UU ciptakerja klaster ketenagakerjaan secara jelas dan nyata telah mendegradasi hak-hak dasar pekerja atau buruh jika dibandingkan dengan UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

"Yang menjadi dasar DPC Sarbumusi-NU kab Tuban menolak omnibus law UU ciptakerja di antaranya adalah upah minimum sektoral (UMSP dan UMSK) dihapus, sedangkan ketentuan upah minimum kabupaten (UMK) ada persyaratan tertentu yang tidak sesuai dengan ketentuan ketenagakerjaan sebelumnya," jelas Irhamsyah, Kamis (8/10/2020)

Ia menambahkan, yang mendasari penolakan laiinya adanya pengurangan besaran nilai pesangon, waktu pekerja terlalu exploitatif, dan PKWT kontrak kerja tanpa batas. Selain itu kata Irham, outsourcing diperluas tanpa batas jenis usaha.

"Padahal dalam ketentuan UU no 13 th 2003 tentang ketenagakerjaan, tenaga kerja dari perusahaan penyedia jasa pekerja (outsourcing) hanya boleh dipekerjaan yang bersifat penunjang dan di lakukan secara terpisah dari pekerjaan utama. Sedangkan dalam ketentuan UU ciptakerja outsourcing bisa untuk semua jenis pekerjaan," bebernya dengan geram.

Pihaknya juga menyoal terkai tenaga kerja asing yang bebas masuk. Dalam ketentuan pasal 42 ayat 1 UU no 13 th 2003 tentang ketenagakerjaan, disebutkan setiap pemberi kerja yang mempekerjakan tenaga kerja asing wajib memiliki ijin tertulis dari menteri atau pejabat yang di tunjuk.

"Tetapi dalam omnibus law atau UU ciptakerja hanya mewajibkan pemberi kerja yang mempekerjakan tenaga kerja asing memiliki pengesahan rencana penggunaan tenaga kerja asing," tandas Irham.

Untuk itu, DPC sarbumusi-NU kab Tuban mendesak presiden RI menerbitkan PERPU  pembatalan UU ciptakerja. [Rof]
 

Tag : uu, ciptakerja, sabumusi, nu, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat