15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

720 Keluarga Binaan Dapat Dampingan dari SAHABAT Pertamina

bloktuban.com | Monday, 31 August 2020 17:30

720 Keluarga Binaan Dapat Dampingan dari SAHABAT Pertamina

Reporter: Parto Sasmito

blokTuban.com - Sebanyak 720 Keluarga Binaan (KaBi) terbentuk dan didampingi dari Program Penguatan KeSAdaran KeseHAtan berBasis masyarakAT (SAHABAT) Pertamina, di wilayah operasi PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Tenaga Ahli SAHABAT Pertamina, Nurul Jariyatin mengulas, PT. Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati menggandeng kampus kesehatan, dalam hal ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSada) Bojonegoro untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah operasi.

"Sejak Juli 2018, dalam satu periode ada sebanyak 240 Keluarga Binaan (KaBi) . Pada periode berikutnya bertambah. Total saat ini ada 720 KaBi, masing-masing 480 di Bojonegoro dan 240 di Tuban," ungkap Nurul.

Dalam pelayanannya, tim SAHABAT Pertamina membentuk klaster, yang mana 90 KaBi dikunjungi 10 kali dalam waktu 1,5 bulan. Dalam kunjungan, ada edukasi kesehatan , edukasi migas dan edukasi isu-isu terkini dalam bidang kesehatan, seperti Covid-19.

"Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dan menjadikan sebagai contoh keluarga yang sehat," imbuh Nurul.

Selain itu, KaBi dalam program SAHABAT Pertamina, pada awal pendampingan kondisi kesehatan keluarga rata-rata pada status keluarga kurang sehat dan kurang mandiri, diharapkan setelah didampingi berubah menjadi keluarga sehat dan mandiri.

Layanan lainnya yang dilakukan oleh SAHABAT Pertamina, yakni mobil Layanan Kesehatan, yang mana mengantarkan warga yang ingin berobat, maupun untuk memberikan layanan kunjungan langsung ke warga. 

"Mobil Layanan Kesehatan bisa dimanfaatkan warga yang tidak memiliki kendaraan mobil untuk mengantarkan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau bahkan Rumah Sakit," kata Nurul.

Nurul Jariyatin juga selaku penggerak pendidikan di Bojonegoro menilai bahwa Pertamina EP asset 4 dianggap memiliki kepedulian yang tinggi pada masyarakat sekitar, bukan hanya pada bidang kesehatan, karena banyak bantuan-bantuan lain yang selama ini sudah diberikan Pertamina EP pada Masyarakat.

"Hal ini lah yang melatarbelakangi kampus ungu STIKes ICsada Bojonegoro dengan senang hati menjadi mitra program kesehatan, karena memiliki visi yang sama yaitu menebarkan manfaat bagi sesama," tutur Nurul.

Terpisah, Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Indarwan Harsoni mengatakan bahwa dalam beroperasi, perusahaan memandang penting keselarasan operasi dengan kepentingan kedua faktor eksternal maupun internal.

 

"Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field melaksanakan usaha sektor hulu minyak dan gas dengan berwawasan lingkungan sehat dan mengutamakan keselamatan. Memberikan peningkatan Kesehatan kepada Masyarakat, merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan. Dalam hal ini, kami menghadirkan kegiatan Program Penguatan Kesadaran Kesehatan Berbasis Masyarakat (SAHABAT) PERTAMINA untuk warga di area Operasi Sukowati. Semoga apa yang kami hadirkan di masyarakat membawa manfaat yang luas dan menciptakan sinergi baik antara masyarakat dengan Perusahaan, " kata Soni, sapaan akrabnya. [ito/col]

Tag : Sahabat, pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more