Klaster Baru, Pemkab Tutup TPI Palang 14 Hari

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - TPI Palang menjadi klaster baru Corona di Kabupaten Tuban. Di klaster ini terdapat 4 orang pasien konfirmasi positif yaitu Laki-laki 52 tahun serta Perempuan 36, 50 dan 53 tahun asal Kecamatan Palang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati dalam rilis resminya mengatakan, umlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 17 orang, Selasa (16/06/20). Secara kumulatif saat ini 85 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban.

[Baca juga: Rekor, Sehari Ada 17 Kasus Positif Baru ]

"Penambahan hari ini terbanyak dari 3 klaster yaitu Pasar Leran Wetan, TPI Palang dan Widang, sementara klaster Pasar Bojonegoro bertambah 1 Orang," ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban, Amenan langsung bergerak cepat untuk memutus mata rantai penularan corona ke lingkup lebih luas. "Mulai dari pelaksanaan rapid tes kemarin kita lakukan pengetatan protokol kesehatan," sambung Amenan.

Bersama gugus tugas Covid-19 kecamatan, Amenan juga melakukan tracing kepada orang-orang yang kontak erat dengan pasien. Selanjutnya setelah diketahui 4 positif, mulai hari kamis pekan lalu Pemkab melakukan penutupan kegiatan TPI.

"Penutupan sementara ini untuk 14 hari ke depan," imbuhnya.

Selain itu, melakukan kanalisasi kepada ornag-orang yang kemungkinan berinteraksi dengan pasien positif. Targetnya cukup empat orang saja yang positif dan aktifitas di TPI kembali pulih.

Diketahui, peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 16/06/2020 hingga pukul 18.00 Wib jumlah kumulatif ODP sebanyak 642 orang dengan keterangan sebanyak 602 orang selesai pemantauan dan 40 orang masih dalam pemantauan.

Warga Tuban yang masuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 84 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 45 orang sembuh, 20 orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 19 orang.

Untuk warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 85 orang, terdiri dari 30 orang sembuh, 6 orang meninggal dunia, serta 49 orang dalam perawatan dan isolasi. [ali/ito]