10:00 . Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Pertengahan Muharram, Bertepatan Tanggal 11-13 Agustus 2022   |   09:00 . STNK Rusak atau Hilang, Siapkan 6 Syarat Ini Sebelum Mengurusnya di Samsat Tuban   |   08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penuhi Permintaan Pertamina, Kilang TPPI Produksi Pertadex Lebih Cepat

bloktuban.com | Saturday, 22 February 2020 11:00

Penuhi Permintaan Pertamina, Kilang TPPI Produksi Pertadex Lebih Cepat

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kilang PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban telah mampu memenuhi permintaan PT. Pertamina (Persero) lebih cepat dalam memproduksi Pertamina Dex (Pertadex), Sabtu (22/2/2020).

Seharusnya Pertadex akan diproduksi pada bulan Juni 2020 dengan kapasitas 220 MB. Karena kebutuhan pasar khususnya Pertadex saat ini mengalami peningkatan, maka Pertamina meminta ke TPPI untuk memproduksi lebih awal dengan quantity 40 MB.

"Alhamdulillah TPPI dengan waktu yang singkat bisa memenuhinya," terang PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo kepada blokTuban.com.

Pengeluaran produk pada 17 Februari 2020 ini, lanjut Taheran akan berlanjut sampai bulan Juni. Selanjutnya pada bulan Juni akan diproduksi 220 MB/bulan sesuai permintaan awal.

Pengapalan perdana produk dilakukan pada 18 Februari 2020. Ini merupakan terobosan direktorat pengolahan dalam rangka peningkatan yield valuable product. Sekaligus meningkatkan fleksibilitas, mode kilang yang bisa memproduksi Pertadex, sehingga memperkuat security of supply product Pertadex.

Pertadex merupakan Solar bermutu tinggi dengan Cetane Number 53. Kandungan sulfurnya kurang dari 300 ppm sesuai standar internasional EURO 3 & WWFC Cat. Bahan bakar ini sangat direkomendasikan untuk pemakaian pada kendaraan bermesin diesel, terutama yang telah menerapkan berteknologi Common Rail System.

Sejalan dengan itu, mulai tahun 2020 sesuai RKAP Pertamina akan melakukan peningkatan produksi aromatik kilang TPPI dari saat ini 46 ribu ton menjadi 55 ribu ton.

Dalam jangka panjang, Pertamina juga akan membangun Olefin Center, sehingga nantinya TPPI akan memproduksi petrokimia sebesar 700 ribu ton per tahun.

Pada saat yang sama, megaproyek GRR Tuban nantinya akan memiliki fasilitas produksi petrokimia dengan produk polypropylene sebanyak 1.205 ktpa, paraxylene 1.317 ktpa dan polyethylene 750 ktpa.

“Pertamina memiliki kapasitas dan kompetensi untuk meningkatkan daya saing industri Petrokimia Nasional. Pertamina siap untuk mengurangi ketergantungan impor produk Petrokimia melalui pengembangan bisnis Petrokimia yang terintegrasi,” sambung Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dilansir dari situs resmi Pertamina.

Pada Desember 2018 silam, TPPI telah melakukan ekspor perdana produk petrokimia Paraxylene sebanyak 10.000 Metrik Ton (MT) ke China guna memenuhi permintaan pasar di kawasan Asia Pasifik.

Waktu itu, ekspor perdana produk Paraxylene Pertamina dan TPPI dilakukan seiring dengan tingkat produksi kilang TPPI yang kini telah mencapai 67 ton/jam.

Produksi Paraxylene di penghujung 2018 sudah melampaui kebutuhan di pasar domestik, sehingga kelebihan produksi dapat diekspor ke luar negeri.

Paraxylene adalah bahan baku utama untuk memproduksi PTA (purified terephthalic acid). Paraxylene merupakan hasil produksi kilang petrokimia yang diproduksi dari bahan kondensat atau naptha. [ali/rom]

Tag : migas, minyak, tppi, kilang tuban, bbm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat