23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pemilik Lahan: Pendirian Kilang Tuban Harus Dipandang Obyektif

bloktuban.com | Wednesday, 15 January 2020 09:00

Pemilik Lahan: Pendirian Kilang Tuban Harus Dipandang Obyektif

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Studi banding 200 warga pemilik lahan di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban di Kilang Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah (14/1/2020) sedikit banyak telah memberi gambaran kehadiran proyek ke depannya.

 Salah satu pemilik lahan menilai, pendirian kilang minyak di Tuban memang harus dipandang secara objektif.

"Terutama persoalan kepentingan dan aspirasi warga yang terdampak secara langsung," ujar Tulus Setyo Utomo salah satu pemilik lahan kepada reporter blokTuban.com, Rabu (15/1/2020).

Tulus menambahkan, objektif yang dimaksud misalnya soal keterlibatan pihak Pertamina-Rosneft dalam mendorong kesejahteraan warga terdampak baik melalui program formal.  Seperti CSR, maupun program non formal yang melibatkan peran aktif warga terdampak.

Kemitraan antara Pertamina dengan masyarakat terdampak juga harus dibangun secara terus menerus. Lebih jauh yaitu kesiapan lahan yang dibutuhkan oleh pertamina yang dimiliki oleh masyarakat merupakan salah satunya sandaran kesejahteraan bagi keluarganya.

"Dengan harapan ganti untung yang layak menjadi keputusan Pertamina," bebernya.

Selain itu diperlukan juga upaya merubah pola pikir masyarakat yang sebagian besar petani, menjadi pola pikir yang lebih sesuai dengan iklim industry.  Pola pikir itu juga diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdampak agar punya kehidupan yang jauh lebih baik.

Sebagai representatif suara pemilik lahan, Tulus juga meminta harus ada peran serta dan kerjasama yang positif antara pihak Pertamina-Rosneft dengan pemkab yang berkesinambungan. Tentunya melibatkan masyarakat terdampak demi mewujudkan hal tersebut.

Dicontohkan dengan memberikan kesempatan kerja yang seluas-luasnya pada warga terdampak. Pendirian sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan berbasis migas. Serta pelatihan-pelatihan yang mendorong kemampuan masyarakat terdampak dalam daya saing dunia kerja .

Hal tersebut di atas harus benar-benar digunakan sebagai salah satu prinsip dasar pendirian kilang minyak di Tuban. Agar ke depan masyarakat bisa menikmati kesejahteraan yang berkelanjutan.

"Berbicara tentang industri tentu bukan hanya berbicara satu generasi hari ini saja. Namun jauh lebih penting adalah nasib dan masa depan generasi berikutnya," tandasnya. [ali/ono]

Tag : migas, kilangminyak, kilangtuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat