17:00 . IKA PMII Tuban Gelar Raker, Berikut Program Prioritasnya   |   15:00 . Ini Perbandingkan Jumlah Jabatan Kosong SOTK Lama dan Baru di Tuban   |   14:00 . Kadinkes Belum Tahu Jumlah Warga Tuban Penerima Vaksin Booster Covid-19   |   13:00 . DPRD Kecewa, Pemkab Telat Beri Data Rapor Kinerja ASN Non Job   |   12:00 . Konsisten Selama Lima Tahun, NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Hingga Miliaran   |   10:00 . Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur   |   07:00 . Hubungan Toksik dan Ciri-Cirinya   |   12:00 . Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah   |   11:00 . Musim Hujan Jadi Tantangan Utama Pengrajin Gerabah Tuban   |   10:00 . Tingkatkan Kapasitas SDM, IAINU Tuban Gelar Bimtek Pengelolaan Kampus   |   09:00 . Sit With Emotion, Salah Satu Cara Memanajemen Quarter Life Crisis   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   07:00 . Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Ini 6 Tanda Pola Asuh Anda Buruk!   |   18:00 . Tahun Ini, BUMDes Compreng Rencanakan Tambah Unit Usaha   |  
Sun, 16 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

PT. Pbas Anak Cucu Pertamina Andil di Proyek Kilang Pertamina Bukan di TPPI

bloktuban.com | Wednesday, 08 January 2020 10:00

PT. Pbas Anak Cucu Pertamina Andil di Proyek Kilang Pertamina Bukan di TPPI

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Statmen Bupati Tuban, Fathul Huda terkait banyak proyek industri yang dimenangkan anak cucu Pertamina dan orang lokal hanya sebagai buruh menggegerkan publik di media sosial. Masukan yang diterima orang nomor satu di Tuban ini bahwa warganya tak berkesempatan ikut andil dalam proyek besar-besar di wilayahnya perlu ditinjau ulang. 

Ada dua perusahaan kilang yang disinggung bupati dua periode yang mengakhiri jabatannya pada 2021 ini. Pertama pekerjaan las di kilang PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI), dan kedua Kilang Grass Root Refinery (GRR) kerjasama Pertamina-Rosneft.

Untuk pekerjaan las di kilang TPPI, Bupati kelahiran Montong inipun masih ragu, karena datanya belum valid 100 persen. Kendati demikian, pemerintah daerah bakal memvalidasi desas desus ini.

Reporter blokTuban.com mencoba menggali informasi lebih dalam di lapangan. Pertama di TPPI yang kini sedang berkembang menjadi produsen Petrochemichal terbesar di Indonesia.

PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo menegaskan, di TPPI belum ada proyek sama sekali. Kegiatan proyek yang kelihatan dari luar ada di lingkungan TPPI itu adalah proyek LPG milik Pertamina (bukan milik TPPI), memang secara kebetulan tanah milik Pertamina tersebut berada di dalam pagar sisi Timur kawasan TPPI. Dan itupun masih dalam proses pekerjaan pembersihan lahan dan pembuatan temporary pagar yang dikerjakan oleh warga Ring 1.

"TPPI saat ini beroperasi normal seperti biasa dengan karyawan tetap 441 orang dan karyawan outsourching 287 orang, jadi total pekerja di TPPI berjumlah 728 orang, dari jumlah total tersebut komposisi pekerja lokal mencapai 50 persen, pekerja dari Tuban 41 persen dan pekerja dari luar Kabupaten Tuban hanya 9 persen," tutup Taheran, Rabu (8/1/2020).

Adapun yang dimaksud Bupati Tuban bahwa ada proyek tapi yang mengerjakan anak perusahaannya sendiri itu adalah proyek Rosneft Pertamina.

Dimana yang mengerjakan saat ini adalah PT. Pbas (anak cucu Pertamina), meskipun melibatkan orang lokal tetapi benderanya milik anak perusahaan Pertamina.

Lebih dari itu, program Corporate Social Responsibility (CSR) TPPI saat ini difokuskan pada program pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Dimana program ini merupakan program yang masih sangat dibutuhkan bagi masyarakat sekitar.

"Selama 2019 CSR terkosentrasi pada pendidikan dan pelatihan, dukungan umum dan keolahragaan, sosial kemasyarakatan, infrastruktur, lingkungan, hubungan eksternal dan pemerintah," tambahnya. 

Selain itu dalam pengadaan barang dan jasa yang bersifat umum saat ini, TPPI mengutamakan perusahaan atau rekanan lokal, tercatat pada tahun 2019 total anggaran pengadaan barang dan jasa sudah diserap 40% oleh rekanan dari lokal, bahkan pekerjaan Welding/las, Scafolding, PFHE dan Civil Work dikerjakan oleh Perusahaan Ring-1, artinya bahwa secara pelan dan pasti Perusahaan Ring-1 sudah bisa bersaing dan menyesuaikan diri di lingkup pekerjaan standart Petrochemical atau Migas. [ali/rom]

Tag : Tppi, pertamina, kilang, proyek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more