Wisata Sendang Asmoro Diserbu Lansia

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Ada yang berbeda dengan suasana Sendang Asmoro, Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Tuban, Selasa (17/8/2019) yang biasanya ramai dengan wisatawan, kali ini ramai dengan lanjut usia (Lansia). Para Lansia hadir karena ada pengobatan gratis yang diinisiasi oleh Mahasiswa KKN Unirow Tuban.

Memanfaatkan aula yang ada, Mahasiswa KKN bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Tuban mengadakan bantuan sosial. Dengan menggandeng Rumah Sehat Baznas Sidoarjo, Baznas Kabupaten menyalurkan 100 paket pengobatan gratis dan bantuan sosial berupa Sembako.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Desa Ngino, Unirow, Baznas ini dimulai pukul 09.00 pagi. Dihadiri pula oleh lebih dari 100 tamu undangan, acara ini berlangsung lancar tanpa hambatan yang berarti.

Kehadiran Baznas juga dalam rangka menyambung ikatan yang telah terbangun dengan Sendang Asmoro, karena dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya. Baznas sangat mendukung terhadap perkembangan wisata ini, antara lain bantuan berupa enam kios dalam kompleks wisata dan rumah baca pada tahun lalu.

"Sentuhan kegiatan bakti sosial ini harapannya bisa membantu memperkuat nama Sendang Asmoro karena Sendang Asmoro memiliki cita-cita menjadi ikon baru wisata Tuban," ujar Wawan Hariyadi, Kepala Desa Ngino dalam sambutan pembukaan.

Singkatnya waktu KKN tidak menjadi alasan bagi mahasiswa untuk tidak produktif. Sentuhan terhadap masyarakat yang membutuhkan ini harapannya akan terus menular, karena dalam tri darma perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk mampu memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat.

Banyak hal yang bisa disambung mahasiswa pasca KKN, salah satunya dengan menjadikan Desa Ngino sebagai desa binaan Unirow. Hal ini sesuai dengan harapan yang sering disampaikan oleh Kepala Desa Ngino dalam perbincangan ringan dengan mahasiswa KKN.

"Satu bulan terlalu singkat untuk mengembangkan Ngino terutama Sendang Asmoro, kalau bisa diperpanjang hingga Desember. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, kami siap menjadi desa binaan Unirow," tandasnya. [ali/col]