19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas

bloktuban.com | Thursday, 20 June 2019 11:00

82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam sosialisasi Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dan halal bihalal, Baznas Kabupaten Tuban membocorkan masih banyaknya masjid yang sudah ber-SK tapi masih belum laporan ke Baznas. 

Ketua BAZNAS Kabupaten Tuban, Siti Syarofah meminta para pengelola masjid, yang masjidnya sudah di SK-kan untuk menjadi UPZ BAZNAS. Tahun ini UPZ masjid yang sudah di SK kan sebanyak 95, akan tetapi laporan yang masuk ke BAZNAS baru sekitar 13. 

"Untuk itu saya mohon dengan hormat para pengelola masjid supaya segera memberikan laporannya kepada BAZNAS," ucapnya, Kamis (20/6/2019).

Syarofah berterimakasih pada Pemkab Tuban atas semua fasilitas yang dalam perjalanan pengelolaan zakat di Kabupaten Tuban menunjukkan kemajuan yang baik, berdasarkan data yang ada di Baznas.

Pada 5-6 tahun yang lalu Baznas maupun lembaga amil zakat masih berjalan sendiri-sendiri. Bahkan lembaga amil zakat lebih dikenal masyarakat. Sehingga potensi-potensi zakat masih belum terdeteksi sama sekali pada saat itu. 

"Dengan adanya aturan yang dibentuk pemerintah melalui undang-undang Baznas ditunjuk sebagai koordinator dalam pengelolaan zakat di Indonesia," terangnya. 

Ketua PC Muslimat NU Tuban ini menuturkan, terkait dengan penerimaan zakat di BAZNAS semakin tahun semakin meningkat. Pada  tahun 2019 memperoleh  9,5 Milyar. 

Ini semua, kata dia, berkat kerja keras antara pengelola maupun pelaksana UPZ-UPZ Baznas di Kabupaten Tuban. Bagi para pelaksana yang sudah mensosialisasikan BAZNAS ke OPD-OPD yaitu kepada para ASN, perolehan zakat mulai meningkat pada tahun 2018. 

Sekretaris BAZNAS Tuban, Eko Julianto menambahkan, salah satu terobosan yang dilakukan oleh BAZNAS di bidang pendidikan. Yakni beasiswa untuk keluarga yang kurang mampu yang juga menjadi relawan baznas.

menurut mantan Camat ini, BAZNAS Tuban ini berbeda dengan BAZNAS-BAZNAS di kota-kota lain. Sebab, apapun yang dilakukan oleh BAZNAS ini di topang oleh pemkab. Dia berharap kondisi ini terus dilanjutkan, dengan harapan nantinya bisa mencapai target yang di inginkan.

“Mari kita wujudkan merajut kebersamaan menuju kebangkitan sadar kehidupan. Karena potensi begitu besar, jika kita berjalan sendiri-sendiri tidak akan bisa memberikan efek yang baik bagi kemaslahatan warga Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Eko berharap, untuk UPZ masjid agar terus ditingkatkan karena nantinya apabila UPZ masjid secara administrasi tertata dengan bagus, maka Kabag Kesra ini menjanjikan ke depan program-program BAZNAS akan disalurkan kepada UPZ masjid.

“Penilaian kami, UPZ Masjid adalah UPZ yang paling dekat dengan masyarakat sehingga sangat efektif," pungkasnya. [ali/ono]

 

 

Tag : zakat, baznas, upz, pemkab, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat