17:00 . IKA PMII Tuban Gelar Raker, Berikut Program Prioritasnya   |   15:00 . Ini Perbandingkan Jumlah Jabatan Kosong SOTK Lama dan Baru di Tuban   |   14:00 . Kadinkes Belum Tahu Jumlah Warga Tuban Penerima Vaksin Booster Covid-19   |   13:00 . DPRD Kecewa, Pemkab Telat Beri Data Rapor Kinerja ASN Non Job   |   12:00 . Konsisten Selama Lima Tahun, NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Hingga Miliaran   |   10:00 . Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur   |   07:00 . Hubungan Toksik dan Ciri-Cirinya   |   12:00 . Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah   |   11:00 . Musim Hujan Jadi Tantangan Utama Pengrajin Gerabah Tuban   |   10:00 . Tingkatkan Kapasitas SDM, IAINU Tuban Gelar Bimtek Pengelolaan Kampus   |   09:00 . Sit With Emotion, Salah Satu Cara Memanajemen Quarter Life Crisis   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   07:00 . Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Ini 6 Tanda Pola Asuh Anda Buruk!   |   18:00 . Tahun Ini, BUMDes Compreng Rencanakan Tambah Unit Usaha   |  
Sun, 16 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BUMDesa Socorejo Bagikan Hasil Usahanya untuk Warganya

bloktuban.com | Wednesday, 29 May 2019 18:00

BUMDesa Socorejo Bagikan Hasil Usahanya untuk Warganya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Salah satu pemanfaatan hasil usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) adalah sosial. Adapun penentuan pengelolaan pembagian hasil usaha ditentukan oleh Musyawarah Desa yang telah disepakati.

Di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu misalnya. Pembagian hasil usaha BUMDesa tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan paket hari raya untuk seluruh warganya menjelang lebaran tahun ini (1440 H/2019 M). 

Manager BUMDesa Socoroje, Rohmad Hidayat kepada blokTuban.com menuturkan, hari ini, Rabu (29/5/2019) 1150 paket sembako telah tersalurkan. Paket tersebut menyasar semua kepala keluarga (KK) di desa ring satu pelabuhan Semen Indonesia (SI) tersebut. 

"Dana hasil usaha BUMDesa Socorejo pagi ini telah direalisasikan dalam bentuk 1150 Paket Sembako. Jumlah tersebut mencakup seluruh KK di wilayah kami," tutur Rohmad. 

Dijelaskan pria jangkung tersebut, jika dinilai rupiah, per paket senilai Rp70 ribu. Sehingga total anggaran yang digelontorkan senilai Rp80.500.000.

"Setiap paket, isinya beras 2 kg, minyak 1/2kg, gula 1kg, mie 5, dan susu 1 kaleng," ulasnya panjang lebar. 

Salah satu penerima paket Lebaran, Mbak Dok (57) menyatakan rasa syukurnya setelah mendapatkan sembako. Ia berharap usaha BUMDesa di desanya, senantiasa berkembang dan bisa membantu meringankan beban rakyat. 

"Ya bersyukur, kan dapat bantuan untuk hari raya," ucapnya dengan wajahnya yang tampak sumringah. 

Sementara itu, kepala desa Socoroje, Arief Rahman Hakim mengapresiasi terhadap kinerja BUMDesa yang dikelola oleh Rohmad beserta stafnya. Sebab, dengan manajemen bisnis sosial yang dikembangkan, BUMDesa Socoroje dapat mengaktualisasikan amanat Undang-undang desa sebagaimana mestinya. 

"Atasnama Pemdes Socorejo kami memberikan apresiasi kepada BUMDesa yang sudah berjalan dua tahun terakhir ini," tukas Kades Muda berbakat tersebut. 

Ditambahkan, Kang Arief, begitu ia disapa, kegiatan ini rutin dilakukan 2 kali dalam satu tahun. Anggarannya diambilkan dari keuntungan kerja BUMDesa yang sudah diatur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDEsa).

"Tentunya kami bersyukur dalam kurun waktu 2 tahun BUMDesa sudah bisa menyumbang PAD desa, sekaligus memberikan manfaat kepada seluruh Masyarakat Socorejo," pungkasnya menandaskan. [rof/col]

 

Tag : bumdes, paket



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more