20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Serapan Gabah di Tuban 2019 Masih 0 %, Ini Alasannya

bloktuban.com | Saturday, 02 March 2019 11:00

Serapan Gabah di Tuban 2019 Masih 0 %, Ini Alasannya

Reporter - Ali Imron

blokTuban.com - Serapan gabah (Sergab) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur sampai awal Maret 2019 masih 0%. Ada dua alasan yang mendasari, salah satunya harga yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Perum Bulog lebih rendah dari harga di lapangan yang ditetapkan tengkulak.

"Tuban masih 0% karena harga tengkulak lebih tinggi dari pemerintah," ujar Pasintel Kodim 0811 Tuban, Ahmad Fakih, di sela silaturahim Dandim 0811 dengan wartawan di Aula Kodim, Sabtu (2/3/2019).

Setelah dikonfirmasi ke Bulog, Pasintel mendapat informasi jika ada kriteria tertentu untuk menyerap beras dari petani. Artinya tak sembarang beras bisa masuk, karena sistem Bulog menyerap sekarang tak langsung didistribusikan esok harinya.  "Beras disimpan lama tentu kadar air harus sesuai," bebernya.

Faktor lain yang mempengaruhi Sergab di Bumi Wali yaitu, banyak petani yang sejak awal pinjam modal ke tengkulak untuk biaya tanam, pupuk, hingga panen. Secara otomatis saat panen pun, petani tak berkutik dan harus menjual gabahnya ke tengkulak dengan harga yang disepakati.

Melihat kondisi ini, Kodim 0811 berharap besar dukungan informasi dari wartawan baik yang tergabung di RPS dan PWI Tuban. Prinsipnya lebih banyak informasi lebih cepat proses Sergab sebagaimana intruksi pemerintah pusat.

Di awal 2018, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI, Sumardjo Gatot Irianto, memanen padi dan Sergab di Desa Kendalrejo dan Mojoagung, Kecamatan Soko. Kedatangan Kementan dan TNI ke Tuban, untuk memastikan gabah langsung dibeli oleh pemerintah dan petani mendapatkan uang tunai di sawah.

Pada tahun 2018 Kementan RI telah menyiapkan anggaran Rp10 miliar lebih, untuk membeli 20 ribu ton gabah. Untuk harga gabah per kilogramnya, tergantung kualitasnya mulai cara panen dan kadar airnya. [ali/ito]

Tag : gabah, tuban, kodim, dandim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more