KPUD Sosialisasi Pemilu di Lapas Tuban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban memberikan sosialisasi terkait Pemilihan Umum tahun 2019 ini kepada warga binaan Lapas Tuban, Jumat (15/2/2019).

Devisi Panitia Pengawas Pemilih (Panwas), Sumber Daya Manusia (SDM) dan PARMAS, Yayuk mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan infomasi kepada warga binaan mengenai pemilihan umum seretak yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

"Semua WNI yang mempunyai hak suara, wajib kita beri informasi dimana pun tempatnya," ungkap Yayuk.

Lebih lanjut, pemilu tahun ini perlu tenaga yang ekstra, karena terdapat 5 surat suara yang harus dipilih. Agar tidak menimbulkan kebingunan saat proses pencoblosan, dalam waktu dekat akan dilakukan simulasi di setiap blok secara intensif. Dan nantinya, di dalam lapas Tuban akan ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Hari ini baru secara umum, nantinya kita akan berkunjung ke setiap blok agar mereka lebih paham lagi," ungkapnya.

Kepala lapas Tuban, Sungeng Indrawan menyambut baik adanya sosialisasi ini, karena pemilu merupakan momentum yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali warga binaan lapas Tuban.

Ia menambahkan, data terbaru saat ini terdapat 410 warga binaan dengan jumlah perempuan 18 orang, dan hingga saat ini baru 388 orang yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap.

"Angka tersebut bisa berubah apabila sebelum bulan April ada warga binaan baru," ungkapnya. [nid/rom]