Pembukaan Meriah KONI Jatim Apresiasi Tuban

Reporter: Sri Wiyono

 

blokTuban.com – Meriahnya pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) V Tuban 2018 mendapat acungan jempol dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim). Wakil Ketua KONI Jatim Sucipto mengatakan, apa yang dilaksanakan Tuban bisa semakin meningkatkan olahraga di Jatim.

 

‘’Dengan seperti ini saya optimis perkembangan atlet di Tuban makin meningkat,’’ ujar Sucipto saat pembukaan Porkab V Tuban, Sabtu (3/11) malam di pendopo Krido Manunggal Tuban.

 

Menurut dia, tujuan Porkab salah satunya adalah memasyaratkan olahraga. Dan itu berhasil dilakukan Tuban. Sebab seluruh masyarakat Tuban antusias dan merasa ikut memiliki sertaterlibat dalam event dua tahunan itu. 

 

‘’Mari meningkatkan prestasi. Kami mengajak orang tuatu untuk mengenalkan anak-anaknya pada olahraga. Jika ada yang berbakat saya mohon didukung, dengan memasukkan pada klub-klub atau cabor,’’ tambahnya.

 

Porkab, lanjutnya, juga untuk menjaring atlet potensial  Porprov VI tahun 2019 besok. Tuban, kata dia, sudah siap. Dia mengucapkan terimakasih pada pemkab Tuban yang sudah membangun Tuban Sport Center (TSC) yang akan menjadi pusat olahraga di Bumi Wali.

 

‘’Olahraga juga untuk membimbing remaja agar terarah. Saat ini perkembangan tidak positif sangat  cepat. Dengan olahraga akan terarah, tidak terjerumus ke hal yang salah. Itu tujuan yang paling penting,’’ katanya., 

 

Sementara Bupati Tuban Fathul Huda yang membuka Porkab mengatakan, pemkab Tuban mengurusi olahraga habis-habisan, selain untuk membangun generasi muda, juga karena anjuran Rasulullah. Bupati lalu menyitir hadist  Nabi yang isinya meminta para orangtua untuk mengajari anak-anaknya olahraga renang, naik kuda dan memanah.

 

‘’Jadi olahraga ini mengikuti perintah Rasul. Olahraga bukan hanya lahir membangun raga, tapi juga spiritual. Kalau kita serius mengurusnya, akan dapat dunia dan akhirat,’’ tegas bupati.[ono]