Haul Tumenggung Haryo Tedjo Digelar Besok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Haul Tumenggung Raden Haryo Tedjo bakal digelar di lapangan Balai Desa Dagangan Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Haul Bupati Tuban Ke-7 ini akan berlangsung pada Rabu (26/9/2018) besok.

Ketua Panitia, Abdul Wahab kepada blokTuban.com, Selasa (25/9/2018) menuturkan haul penyebar agama Islam di Tanah Jaws ini akan digelar Rabu petang. Kegiatan tersebut tidak dipusatkan di makam, namun di Lapangan Balaidesa Dagangan.

"Sesuai jadwalnya, acara akan kita mulai pukul 19.00 WIb," kata Abdul Wahab kepada wartawan media ini, Selasa siang.

Ditambahkan alumni aktivis PMII ini, haul Habib Abdurrohman ini akan melibatkan Umara' dan Ulama di Kabupaten Tuban. Sehingga diharapkan masyarakat Tuban bisa hadir dan ikut terlibat langsung.

"Dalam acara haul tahun ini, pembacaan tahlil akan dibawakan K. Syariful Wafa dari PCNU Tuban sedangkan tausiyahnya akan disampaikan Habib Umar Al Muthohhar dari Semarang," ucapnya menambahkan.

Diketahui, Tumenggung Raden Haryo Tedjo adalah sosok pendakwah atau penyiar agama Islam di Jawa. Selain itu, dia juga merupakan Bupati Tuban pertama yang memeluk islam sejak kecil, sekaligus sebagai punjer penyebaran agam islam di Tanah Jawa,

Saat Tumenggung Raden Haryo Tedjo menjabat sebagai Adipati Tuban, kala itu pendopo atau keraton Tuban masih berada di Desa Prunggahan Kulon. Sebelum lengser dan melakukan dakwah di Desa Dagangan, Bupati Ke-7 Kabupaten Tuban tersebut bertempat tinggal di Desa Prunggahan. [rof/ito]