Ratusan Siswa TK se-Kecamatan Rengel Warnai Gerabah Ngadirejo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-73, ratusan anak dari Taman Kanak-kanak (TK) sededarjet se-Kecamatan Rengel mengikuti lomba mewarnai gerabah ‎Ngadirejo, Minggu (12/8/2018).

Lomba yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ngadirejo Bersinar, bertujuan untuk memperkenalkan kerajinan gerabagah khas Ngadirejo kepada masyarakat umum, lebih khusus kepada anak-anak usia dini.

"Kita ingin membangkitkan kembali sektor kerajinan gerabah yang selama ini ibaratnya mati suri, yang mana dikeluhkan masyarakat ini adalah sulitnya pemasaran,"‎ kata Suhardi, ketua BUMDes Ngadirejo Bersinar.

Lebih lanjut, pihak pengurus BUMDes mempunyai harapan, selain mengenakan gerabah pada anak usia dini, dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, wisata edukasi gerabah jadi target terdekatnya.

"Ke depan, harapan kita agar gerabah di Ngadirejo bisa jadi wisata edukasi," tambahnya.

Salah satu wali murid, Murtafik yang saat itu juga menyertakan putrinya mengikuti lomba mewarnai gerabah Ngadirejo mengungkapkan,‎ adanya kegiatan semacam itu bisa meningkatkan produktifitas karya unggulan dari potensi desa dan bisa saja mewujudkan wisata kampung gerabah.

"Sebisa mungkin tak hanya ini saja, tapi lebih kepada proses terwujudnya wisata edukasi gerabah," paparnya kepada blokTuban.com.‎ [feb/ito]