10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ahmad Maulana Jafar, Pengusaha Muda

Semangat Bekerja Sejak Usia Muda

bloktuban.com | Sunday, 17 June 2018 16:00

Semangat Bekerja Sejak Usia Muda

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Begitulah kiranya pepatah yang tepat untuk dijadikan patokan hidup semua orang demi menjalani masa depan nan cerah. Demikian juga yang dilakukan salah satu pemuda ini.

Memulai usaha dan berpenghasilan sendiri sejak usia muda merupakan kebanggaan tersendiri bagi Ahmad Maulana Jafar (19). Sejak duduk di bangku sekolah menengah, pemuda asal Desa Jatisari, Kecamatan Senori ini telah menyibukkan diri bekerja di sela aktivitasnya bersekolah.

"Kalau dulu sih pagi sekolah, siang sampai sore istirahat, baru malam harinya ikut bantu-bantu kerja di warung makan sekitar Bojonegoro sana," ujar pemuda yang kerap disapa Jafar itu.

Tercatat sebagai alumni Madrasah Aliyah Negeri di salah satu sekolah wilayah Kabupaten Bojonegoro yang baru lulus tahun 2018, dia pun tak lantas bingung mau bekerja seperti apa. Asalkan usaha yang dijalani merupakan pekerjaan halal, tak merebut hak-hak orang lain, apapun pekerjaan dilakoni pemuda dari dua bersaudara itu.

Seperti yang dilakukannya pada saat bulan Ramadan lalu, pemuda lincah nan cekatan itu selalu bisa menangkap peluang usaha. Dia tak malu untuk berjualan es, olahan minuman dari kelapa muda yang dijajakan sebagai menu takjil berbuka puasa.

Berjualan ala kadarnya dengan bahan-bahan dan alat yang cukup di pinggiran jalan sekitar pasar Desa Sembung, Kecamatan Parengan, dia tak pernah canggung melayani para pelanggan yang kebanyakan didominasi kaum hawa usia sebayanya.

"Anggap saja sudah biasa, gak perlu malu atau apalah. Niatnya jualan, cari tambahan rupiah buat sehari-hari, bukan yang lain," jelas pemuda yang doyan touring ke luar kota dan hobi otomotif tersebut.

Menurutnya, penghasilan berapapun yang didapat harus tetap selalu disyukuri. Asal cukup untuk membeli barang dagangan lagi, selebihnya yang tersisih bisa digunakan untuk kebutuhan jangka panjang, seperti liburan, routing motor ke luar kota, ataupun kebutuhan jangka panjang lainnya.

Selain etos kerja pemuda usia 19 tahun ini yang patut dicontoh pemuda lain sebayanya, sifat dan sikap rendah hati lelaki humoris itu juga layak diacungi jempol. Terbukti ketika ditanya mengenai hasil pendapatan dari kerja kerasnya, dia sama sekali tak menyebut berapa besaran nilai yang dikantongi tiap hari.

"Ya begitulah. Penghasilan sih lumayan, asal bisa dibuat beli kopi dan rokok satu bungkus saja sudah syukur kok," candanya yang kemudian dibarengi dengan gelak tawa. [feb/col]

 

Tag : profil, pemuda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more