Pencarian Korban Banjir Dihentikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Polisi, TNI, Relawan dan warga menghentikan pencarian korban tenggelam akibat luapan Sungai Bengawan Solo lantaran cuaca dan hari sudah petang. Petugas akan melanjutkan pecarian korban bernama Budy Prasetio (18) itu esok hari.

"Pencarian korban kita hentikan, kita lanjutkan besok, karena cuaca dan kondisi yang gelap," ujar Kaepala BPBD Tuban, Joko Ludiono kepada blokTuban.com, Sabtu (24/2/2018).

Remaja asal Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban, tersebut diduga tenggelam Sabtu sore, (24/2/2018). Saat itu, korban dikabarkan sebelum hanyut, sedang asyik mandi bersama temannya, Ikwan (16), di tepi Bengawan Solo di Desa Ngadirejo, Rengel yang sedang banjir. Hingga kini kondisi pemuda malang itu belum ditemukan.

Sementara itu Kapolsek Rengel, AKP Yani Susilo, kapada wartawan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan saksi. Ia juga menegaskan proses pencarian korban tenggelam di area persawahan yang terkena air banjir di desa setempat dihentikan.

“Remaja itu awalnya berenang di area persawahan yang terkena banjir dari luapan air Bengawan Solo,” terang AKP Yani Susilo.

Setelah memintai keterangan saksi, pihaknya menginformasikan, saat itu korban bersama dengan temannya itu sedang berenang di area persawahan yang terkena banjir dilokasi kejadian.

Ketika akan kembali ke tepi, tiba – tiba korban tidak kuat berenang hingga tenggelam kedalam air. Sedangkan teman lainnya bisa berenang dan berhasil menyelamatkan diri sampai di tepi.

“Hasil keterangan saksi korban tenggelam lantaran tidak kuat berenang,” beber mantan Kapolsek Jenu, Polres Tuban itu.

Lebih lanjut, ketika mendapat kabar ada korban tenggelam tim langsung melakukan pencarian dari titik lokasi kejadian dengan menggunakan perahu karet. Karena kondisi sudah gelap maka proses pencarian dilanjutkan jika hari sudah siang.

“Proses pencarian korban dilakukan disekitar TKP dengan tim gabungan dari personil BPBD, Sabhara, Koramil dan Polsek Rengel,” terang Kapolsek Rengel.

Pemberitaan sebelumnya, Hendrik Budy Prasetio remaja warga desa setempat dikabarkan tenggelam ketika tengah asyik berenang bersama temannya lokai banjir Bengawan Solo.

Mengetahui korban tenggelam, temannya langsung minta tolong dan dilakukan proses pencarian dari titik lokasi tenggelam. [rof/ito]