Kecamatan Rengel Perkuat Potensi Wisata

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Banyaknya potensi wisata yang terbentang di peta daerah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, memantik masyarakat dan pemerintahan desa (pemdes) di daerah tersebut.

Upaya peningkatan, pengembangan, bahkan rehab total suatu lokasi wisata dan lokasi-lokasi strategis yang tak menutup kemungkinan bakal menjadi wisata baru Kecamatan Rengel sedang digalakkan masyarakat desa setempat.

Baru-baru ini, sejumlah lokasi wisata desa tengah diperhatikan lebih. Seperti wisata Sendang Beron yang berada di Desa Punggulrejo, dan lokasi bumi perkemahan Sendang Maibit-Rengel.

Pemuda dan warga setempat turut andil dalam proses peningkatan mutu lokasi wisata desanya, "Pemuda dan warga harus sadar akan potensi lokal desa yang dimiliki. Maka dari itu, kami peduli dan menata ulang tempat yang sering dijadikan perkemahan dari dalam ataupun luar Tuban ini," ujar Tomi, pemuda Desa Maibit kepada blokTuban.com, Selasa (16/1/2018).

Sementara itu, di tempat lain, Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Rengel, Abduh mengatakan bahwa beberapa titik lokasi dan wisata yang berada di wilayah Rengel akan terus diperkuat.

Dengan adanya pembangunan, dan penataan ulang lokasi wisata, tentu akan memperkuat kesan masyarakat yang kompak, aktif dan peduli terhadap lingkungan.

"Beberapa waktu lalu, sempat dikumpulkan perwakilan dari pemuda-pemuda dan warga yang berada dalam lingkaran lokasi wisata Rengel. Kami sepakat untuk memperkuat potensi daerah kita, demi Rengel agar semakin tertata," terang Abduh.

Pihaknya berharap, semakin tinggi semangat warga dalam proses pembangunan daerah, khususnya penataan wisata, pemerintah juga mesti mendukung langkah-langkah masyarakat yang positif tersebut. [feb/ito].