Desa Ngandong, Kembangkan Wisata Puncak Tapan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, akhir tahun 2017 kemarin, mulai sibuk mengembangkan potensi alam yang ada di desa.

Dengan memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017 dan dari swadaya masyarakat. Pengembangan wisata alam yang diberi nama Puncak Tapan Andongsari (TPA) tersebut, berhasil memikat para wisatawan dari berbagai daerah, terlebih saat akhir pekan.

Dari pantauan blokTuban.com, meski masih dalam proses pengembangan, namun tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan dari atas pegunungan tersebut setiap harinya didatangi ratusan pengunjung.

"Saat ini cukup bayar Rp2.000 pengunjung sudah bisa masuk dan menikmati pemandangan sepuasnya. Dan semenjak dibuka pada hari Sabtu-Minggu pengunjung bisa sampai 300 hingga 400 orang," kata Kades Ngandong, Suiswanto.

Menurutnya, tempat wisata yang dikembangkan mulai bulan Oktober 2017 lalu itu, beberapa wahana permaianan telah disiapkan di atas puncak. Seperti tempat permainan anak-anak, tempat selfi dan beberapa gazebo untuk bersantai, serta telah dilengkapi fasilitas MCK.

Kades berharap, proses pengembangan ini cepat selesai sehingga bulan februari depan dapat segera dilauncing atau diresmikan. "Targetnya bulan Februari wisata ini bisa diresmikan sehingga dapat menambah Pendapatan Asli Desa," pungkasnya.

Diketahui, dalam pengembangan wisata ini pemdes turut melibatkan semua pihak, termasuk karangtaruna desa setempat yang mengelola warung-warung untuk menjual berbagai aneka makanan dan minuman di area wisata. [hud/rom]