Soal Ujian Sejenis dengan SLTA Sederajat

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Soal Ujian Tes Perangkat Desa tahun 2017 di Kabupaten Tuban dikerjakan oleh orang-orang dari berbagai bidang. Mulai dari kalangan akademisi, praktisi sampai birokrat di masing-masing bidang.

Bupati Tuban, Fathul Huda, ketika melepas soal pada, Selasa (12/12/2017), pagi berpesan kepada panitia untuk memberi pemahaman kepada peserta, kalau soal yang dibuat meskipun sulit, tidak ada batasan minimal nilai supaya peserta dinyatakan lolos.

"Meskipun nilai yang didapat dua, kalau tertinggi ya dia yang jadi," kata Huda.

Soal yang dibuat di setiap mata ujian tes disesuaikan dengan standar  SLTA sederajat. Semua konsep soal dibuat sendiri oleh tim penguji.

Selama mengerjakan peserta diharuskan percaya dengan kemampuan sendiri. Tidak diperkenankan membawa alat komunikasi apapun, hanya diperkenankan menggunakan kertas yang disediakan panitia ujian.

"Ujian serentak digelar hari ini," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban, Mahmudi.
Pengisian lowongan pengisian perangkat di Kabupaten Tuban pada tahun 2017 ini ada 418 lowongan perangkat desa. Pendaftar diketahui sebanyak 5.412 peserta, yang terdiri dari Kaur 733 pelamar, Kasi 668 pelamar, Kadus 579 pelamar, dan Sekdes 3.432 pelamar. [pur/col]