Pengurus Sekber Relawan Bencana di Tuban Resmi Dibentuk

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepengurusan Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Bencana di Kabupaten Tuban resmi dibentuk, Jumat (1/12/2017) pagi.

Pembentukan pengurus sekber tersebut dilakukan di Lapangan Perum Tasikmadu II, Kacamatan Palang, Kabupaten Tuban yang dihadiri oleh 100 orang dari berbagai unsur relawan di Tuban.

Kepala Desa (Kades) Tasikmadu, Kecamatan Palang, Prajoko, mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya para relawan yang telah menunjuk Desa Tasikmadu menjadi tempat terbentuknya pengurus resmi Sekber Relawan Bencana Kabupaten Tuban.

"Dengan terbentuknya pengurus sekber relawan ini semoga dapat membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan bencana serta penyelamatan," ujar Kades.

Menurut Kades tersebut, jiwa sosial para relawan bencana di Kabupaten Tuban dalam misi kemanusiaan ini memang sangat luar biasa.

Sementara itu, Ketua Relawan Bencana Tuban, Aipda Didik Utomo, menegaskan pembentukan sekber ini bertujuan untuk mewadahi relawan yang ada di Kabupaten Tuban yang mana terdiri dari berbagai elemen masyarakat.

Dikarenakan masih kata Didik, apabila relawan tanpa adanya wadah maka akan liar dan tidak jelas arah geraknya. Sehingga dalam pertemuan ini dibentuk dan disusun lah pengurus inti untuk di laporkan kepada Dinas terkait.

"Kita relawan bekerja untuk sesama tanpa pamrih," terang Didik.

Lebih lanjut, Didik mengungkapkan terbentuknya kepengurusan sekber ini diharapkan akan dapat membantu sesama, dengan identitas yang jelas serta mendukung program BPBD Tuban sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing personel.

"Legalitas dan lisensi dalam dunia kebencanan harus dimiliki para personel untuk mengurangi resiko bencana," pungkasnya.[hud/ito]