Ratusan Peserta Ikuti Pesona Batik Karnival Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Di ulang tahun Kabupaten Tuban yang ke 724, komunitas pecinta batik mengadakan pentas karnival batik, Minggu (26/11/2017) di Alun-Alun Kabupaten Tuban.

Pentas yang dibalut dengan tema pesona batik karnival Tuban itu mengusung tema kearifan lokal batik yang dimiliki Kabupaten setempat. salah satunya batik gedog.

Peserta yang meramaikan event tersebut tidak hanya dari masyarakat Tuban, namun dari komunitas batik luar Tuban juga ikut menyemarakkan pentas tersebut.

Salah seorang panitia pesona batik karnival Tuban, Rahmat, mengatakan pentas ini adalah untuk memeriahkan ulang tahun Kabupaten Tuban ke 724. Komunitas batik karnival Tuban ini berinisiatif untuk memberikan hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Pada event kali ini, pihak komunitas bekerja sama dengan dinas pariwisata untuk mensukseskan acara. Awalnya ini merupakan inisiatif dari komunitas batik karnival, lalu direspon baik oleh dinas.

"Usulan kami ke Dinas untuk menyelenggarakan batik karnival Tuban direspon baik, jadi terwujudlah acara ini," terang Rahmat saat berada di lokasi.

Dia menambahkan, peserta yang mengikuti batik karnival ini berjumlah 147 Peserta. Itu merupakan jumlah peserta secara keseluruhan, baik dari Tuban maupun luar Tuban.

Untuk peserta yang dari luar Tuban ada yang dari Surabaya, Lamongan, dan juga ada yang dari Solo. Mereka diundang karena masih ada jejaring komunitas, sehingga yang dari luar Kabupaten ikut menyemarakkan.

"Ini meriah seperti yang terlihat, mungkin ini baru pertama kali dilakukan di Tuban juga. Semoga kedepannya bisa dilakukan lagi," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta, Hilwa khoirunisa (17), menyatakan turut senang bisa ikut berpartisipasi dalam acara batik karnival Tuban. Semoga tahun berikutnya kegiatan yang sama juga bisa diselenggarakan.

"Senang bisa ikut memeriahkan, ini ramai banyak juga yang nonton," ungkap peserta asal kota Solo tersebut.[nok/ito]