Suasana 'Munggut' Bengawan Ngadirejo Rengel

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kejadian naiknya ikan dari permukaan bengawan akibat volume air bertambah, atau sering disebut munggut oleh warga sekitar bantaran sungai tengah ramai di kalangan warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Sabtu (18/11/2017).

Warga desa yang dekat sekitar bengawan tersebut berbondong datang ke bengawan yang berbatasan langsung dengan daerah Kanor, Bojonegoro. Anak-anak, pemuda, dewasa, hingga ibu-bu juga turut datang untuk sekedar melihat hasil tangkapan warga.

Dari jenis ikan, warga banyak mendapatkan ikan-ikan khas bengawan, seperti wader, jendil, nila dan udang yang memiliki ukuran cukup besar.

"Ikannya yang sering didapat orang-orang wader sama nila. Kalau kemarin yang banyak malah udang," kata Rozikin, salah satu warga desa Rengel yang ditemui blokTuban.com di lokasi bengawan yang ada di Desa Ngadirejo.

Lanjut Rozikin, bersama anak laki-laki kemarin, dia juga mendapatkan udang sebesar ukuran lengan orang dewasa.

"Di sekitar pepohonan bambu di sana yang banyak ikannya," pungkasnya usai kedinginan mencari ikan dan bergegas pulang ke rumah.

Hingga kini masyarakat yang berdomisili dekat bantaran bengawan terus berdatangan silih berganti. Mereka banyak membawa perlengkapan untuk menangkap ikan, seperti jaring seser, dan alat setrum yang digunakan untuk menyusuri daerah pinggiran. [feb/ito]