Ribuan Guru PAUD Tuban Mengikuti Seminar Nasional

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Ribuan guru PAUD, TK, RA dan KB se-Kabupaten Tuban mengikuti Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Tuban tahun 2017 yang digelar oleh Himpunan Guru Pendidikan anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Tuban, di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Sabtu (18/11/2017).

Seminar yang didukung oleh PT. Semen Gresik dengan tema ‘Sinergitas Pendidikan Berkarakter dan Kearifan Lokal Menuju Generasi Emas Indonesia’ tersebut diselenggarakan oleh Himpaudi Kabupaten Tuban dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724 dan Hari Pahlawan 2017. 

Ketua Panitia Seminar Nasional PAUD, Siti Nuraini menjelaskan, bahwa kegiatan ini bagian dari arahan Bupati Tuban, Fathul Huda. Dengan maksud untuk menjalin tali silaturrahmi antar guru Paud dan mitranya.

“Dalam acara ini, hadir dari Himpaudi sebanyak 1.998 orang, IGTKI sekitar 1.987 orang dan dari IGRA sejumlah 903 orang,” ujar Siti Nuraini dalam sambutanya.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan Seminar Nasional pendidikan untuk guru PAUD ini sudah menjadi program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Sebab, tambah Bupati Tuban, masih banyak warga yang buta aksara (buta huruf), maka dari itu seminar nasional pendidikan ini perlu dilaksanakan sebagai media silaturrahmi dan belajar bersama Prof. Ir. Muhammad Nuh. Karena pendidikan ini adalah salah satu cara untuk mengurangi penganguran dan kemiskinan.

“Dengan masyarakat yang berpendidikan maka kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat akan tercapai, maka guru jangan hanya minta di dengar namun harus mau mendengarkan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Devisi Komunikasi dan Sarana umum, PT. Semen Gresik Aris Sunarso, mengatakan ini adalah wujud dari kepedulian perusahaan terhadap pendidikan, dan perusahaan telah membangun beberapa gedung PAUD. Beasiswa bagi siswa berprestasi tingkat SLTP dan beasiswa bimbingan belajar untuk masuk keperguruan tinggi.

“Semua itu adalah untuk menunjang pendidikan dan mencerdaskan generasi muda. Dengan pendidikan salah satu bekal untuk mengentaskan kemiskinan dan membentuk karakter bangsa," pungkasnya.

Diketahui dalam seminar ini dihadiri oleh Prof Dr. Ir. Moh Nuh sebagai Narasumber, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur H. Syaifullah Yusuf, serta hadir juga Bupati Tuban, Fathul Huda dan wakilnya dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban dan undangan lainnya. [hud/ito]