Dimiliki Dua Desa, Sendang Tunjungan Dikelola Maksimal

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Berbicara tentang sumber mata air yang berada di kaki perbukitan kapur Tuban, tentu akan memberi berjuta manfaat bagi warga sekitarnya. Seperti salah satu sendang atau sumber mata air yang berada di dua desa ini, yaitu Sendang Tunjungan.

Letaknya yang berada diantara Desa Nguruan dan Desa Gununganyar, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tersebut, sangat memberi manfaat lebih kepada warga sekitarnya.

"Sumber mata air di sebelah barat itu masuk Gununganyar. Sedangkan alirannya dari tengah masjid sampai ke timur ikut Nguruan," terang Yanto, pemuda setempat kepada blokTuban.com, Kamis (16/11/2017).

Sendang yang baru saja diperbaiki pada bagian pembendung setahun yang lalu itu rupanya telah dikelola dengan baik oleh kedua pihak warga desa. Banyak warga setempat yang memanfaatkan air dari sendang untuk kebutuhan pertanian, mandi, dan mencuci.

"Lagi pula sudah ada petugas yang mengelolanya, jadi air sendang bisa selalu dikondisikan kepada petani sekitar yang membutuhkannya" imbuh warga itu.

Disamping banyak memberi manfaat kepada warga setempat, sendang yang terkenal dengan pemandangan masjid mengapung yang terletak di sekitar aliran sendang, juga alam pedesaan indah khas dataran tinggi perbukitan kapur, sangat cocok digunakan untuk tempat bersantai melepas penat.

"Sekadar menghabiskan waktu dan bersantai sore hari, ya di sini tempat yang cocok," kata Anto, pemuda setempat yang sering berada di sana.

Kendati demikian, tempat berhawa sejuk dan bersih dari sampah-sampah makanan tersebut dulunya juga ramai didatangi muda-mudi dari berbagai daerah kala akhir pekan ataupun hari libur. Namun, lambat laun pengunjung mulai berkurang hingga sepi seperti sekarang ini.

"Misal dijadikan tempat wisata, kemudian diolah lagi. Pasti ramai dikunjungi pemuda-pemuda seperti dulu," pungkasnya. [feb/rom]