Pertamina EP Fasilitasi Sekolah Jurnalistik di Senori

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) memfasilitasi penyelenggaraan sekolah jurnalistik bagi siswa dan siswi MA Islamiyah Senori, Kabupaten Tuban.

Penyelenggaraan sekolah jurnalistik itu digelar dengan kerjasama komunitas wartawan yang ada di Tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS).

Sekolah jurnalistik digelar dua hari. Dengan beberapa materi seperti dasar jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, fotografi, videografi, dan teknik menulis berita.

"Peserta juga akan kita ajak untuk melakukan praktek, agar lebih memahami bagaimana proses jurnalistik di media massa bisa berjalan," kata Ketua Panitia, Suwandi, kepada blokTuban.com.

Ketua RPS, Khoirul Huda menjelaskan beberapa fungsi pers dalam sambutannya. Salah satunya adalah fungsi edukasi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

"Pada pelatihan ini kami juga ingin bisa berbagi agar siswa yang ikut lebih memahami ilmu jurnalistik," kata Huda.

Perwakilan Pertamina EP, Kartika Tiara, memberikan sedikit gambaran mengenai prosus produksi minyak dan gas bumi. Kecamatan Senori memang salah satu wilayah operasi Pertamina EP field Cepu.

"Tugas Pertamina EP adalah mencari dan mengeluarkan minyak dan gas bumi dari tanah. Semua itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan BBM," jelas Tiara.

Sekolah jurnalistik selain bisa diambil manfaatnya, juga bisa menjadi ajang silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

Kepala Sekolah MA Islamiyah, Ahmad Mustain berharap, kegiatan seperti ini bisa terus berkesinambungan. Dia juga mengucapkan terima kasih atas suport yang diberikan perusahaan. "Sudah ada buletin di sekolah, kami berharap para siswa bisa menngelolanya lebih baik," tandasnya. [pur/rom]