Tingkatkan Ekonomi Warga, Sidodadi Manfaatkan DD untuk Jembatan
 
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Dalam rangka meningkatkan perekonomian tidak lepas dari infrastruktur yang memadai. Hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.
 
Sebagai bentuk perhatian, Pemdes Sidodadi memanfaatkan dana desa (DD) untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur desanya. Diantaranya, pada tahun anggaran 2017 digelontorkan untuk membangun jembatan di tiga titik.
 
"Salah satu prioritas DD di tahun 2017 ini, Desa mengalokasikan untuk pembangunan jembatan di tiga lokasi," terang Kepala Desa Sidodadi, Ali Subhan kepada blokTuban.com, Sabtu (28/10/2017)
 
Menurutnya tiga sarana tersebut cukup vital karena menunjang akses perekonomian. Dibangunnya sarana penunjang tersebut diharapkan bisa melancarkan akses perekonomian masyarakat, khususnya petani.
 
“Kami sangat berterima kasih pemerintah pusat menggulirkan Dana Desa yang cukup besar dan bisa menggenjot infrastruktur sebagai kebutuhan dasar masyarakat di desa kami,” tukas Ali, sapaan akrabnya.
 
Pada kesempatan yang sama, petani perempuan, Masri (60) mengaku tertolong dengan adanya bangunan jembatan di desanya. Sebab, jembatan yang menghubungkan kawasan padat penduduk dengan sawah warga itu bisa dimanfaatkan petani untuk mengurangi biaya produksi pertaniannya.
 
"Setelah ada jembatan, kendaraan bisa langsung sampai sawah warga. Tentu akan mengurangi biaya angkut hasil panen," ucap petani Dusun Bamban itu.
 
Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan menyebutkan, tiga jembatan yang dibiayai DD itu ada di Dusun Bamban dan Dusun Mundri. Untuk merealisasikan, Pemdes menggelontorkan uang senilai Rp65 juta. [rof/ito]