Ratusan Pengerak NU Tuban Ikuti Apel Kesetiaan Pancasila di Gunung Lawu

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban mengikuti Apel Akbar Kesetiaan Pancasila di Kawasan Gunung Lawu pada Minggu (15/10/2017). Ratusan Kader NU dan generasi muda dari Bumi Wali Tuban itu mulai berangkat sejak Sabtu (14/10/2017) petang dan bermalam di sekitar lokasi apel.

Mereka yang menamakan diri sebagai Front Penggerak Pancasila (FPP) itu berkumpul puluhan ribu warga NU dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarya memadati kawasan Gunung Lawu, tepatnya di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

"122 orang kader penggerak NU Tuban terpanggil mengikuti kegiatan itu karena merupakan bagian aksi nyata pentingnya menjaga dan menegakkan Pancasila," ujar koordinator aksi asal Tuban, Ahmad Tasyhudi kepada blokTuban.com, Minggu (15/10/2017).

Kader NU yang juga Gusdurian itu menuturkan, tujuan utama apel akbar tersebut adalah untuk meningkatkan komitmen para santri, ulama dan masyarakat melalui Apel Akbar kesetiaan Penegak Pancasila. Sebab sebagai kader penggerak NU, harus selalu menggelorakan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kesetiaan terhadap NKRI.

Diketahui, apel ini digelar berangkat dari keprihatinan akan kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin tidak menentu, termasuk ketimpangan sosial yang semakin tajam. Ketidakadilan dan kondisi politik dan ekonomi yang tanpa arah telah memicu ketegangan dan kekerasan. Maka, harus ada komponen bangsa yang terus menggagas dan peduli serta menggerakkan pancasila demi kuatnya persatuan, meratanya keadilan, dan kokohnya kedaulatan.

"Untuk itu kami ingin mengajak anak bangsa untuk cinta Negaranya, sebab Cinta Negara sebagian dari Iman," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]